Gotong Royong Ala RW 01 di Pekanbaru, Secara Mandiri Bikin Lumbung Pangan Warga Sulit Ekonomi Dibantu Sembako

Kamis, 23 Juli 2020 - 12:17:58 wib | Dibaca: 1669 kali 
Gotong Royong Ala RW 01 di Pekanbaru, Secara Mandiri Bikin Lumbung Pangan Warga Sulit Ekonomi Dibantu Sembako
Remaja putri RW 01 Padang Terubuk, kec. Senapelan saat bertugas di Posko RW Siaga 01, Rabu (23/07)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Semangat jiwa gotong royong masyarakat RW 01 Kelurahan Padang Terubuk, Kecamatan Senapelan Pekanbaru ini patut ditiru bagi daerah lainnya. Pasalnya secara mandiri, masyarakatnya yang dikomandoi Ketua Rukun Warga (RW) nya sama-sama mengumpulkan bantuan pangan untuk disalurkan kepada warga kesulitan ekonomi di masa pandemi virus korona (Covid-19) saat ini.
 
Gerakan itu diluncurkan pada, Rabu (23/072020) bertempat di Pos Siskamling Terpadu RW 01 Kelurahan Padang Terubuk Kecamatan Senapelan. Rinaldi SSos, Plt Ketua RW 01 mengatakan bahwa program jangka pendek diberi nama Lumbung Pangan RW Siaga 01.
 
Dan terangnya lagi, program Lumbung Pangan itu merupakan tindaklanjut dari pertemuan warga, pada, Minggu (12/07) beberapa waktu lalu.
 
"Beras, minyak goreng, dan telur merupakan sumbangan warga disana dan akan diberikan kepada mereka yang tidak mampu masak saat ini karena kesulitan ekonomi " terang Rinaldi, Kamis, 23 Juli 2020. 
 
"Kita banyak membaca, jika recovery ekonomi akibat pandemi diperkirakan akan berlangsung lama. Dari itu, untuk tahap awal, kami meluncurkan program jangka pendek selama 3 hari, untuk kemudian dievaluasi kepada program berkelanjutan. Apakah program ini akan dimodivikasi dan segmennya diperluas, tentu akan melihat bahan evaluasi selama 3 hari ini," ujarnya.
 
Dirinya menambahkan, program pendek ini dapat dimanfaatkan warga setempat yang memang kesulitan bahan makanan. Masing-masing warga yang berkunjung ke Pos Siskamling tersebut, dapat mengambil beras 3 tekong, minyak 1 gelas, dan telur ayam 2 butir.
 
"Karena program pendek ini bersifat sementara serta akan dianalisa kemudian segmen luas mana yang menjadi sasaran berikutnya, termasuk pola distribusi, maka kami menyajikan bantuan dalam skala terbatas; baik waktu maupun jumlah," jelasnya.
 
Anggi, salah satu remaja putri yang menjaga posko siaga tersebut menyatakan dirinya gembira dapat berpartisipasi menyebar kebaikan di wilayah tempat dia menetap. Selain itu juga, Puan Risa, yang ikut mendampingi Anggi, mengungkapkan bahwa dirinya berharap program pendek warga ini bermanfaat.
 
"Kami selaku remaja putri menghimbau masyarakat RW 01 yang kurang mampu, kesulitan dalam pemenuhan pangannya hari ini hingga sabtu mendatang, untuk ke posko RW Siaga ini," terangnya malu-malu.
 
RW 01 memang punya alasan untuk memanggil warga ke posko RW siaga 01 dan bukan mengantarnya ke rumah masing-masing.
 
"Jika kita mengajak masyarakat untuk ke posko ini, insyaallah dia akan bertambah pengetahuannya tentang manfaat struktur RT, RW serta organisasi pemuda setempat. Dan tentu berbeda dengan pelayanan pengantaran. Hal ini juga kami harapkan, masyarakat menjadi aktif, bukan pasif. Menjemput, bukan menanti. Bergerak, bukan diam bersedih hati. Dan inilah antusias sumbangan warga mampu kepada yang kurang mampu, dengan harapan semoga Allah meredhoi kita semua," tandas ketua IPRK Elva Martias saat ditemui di lokasi.

Loading...
BERITA LAINNYA