Waka DPRD Pekanbaru Minta Pemerintah Mendata Tambak Ikan Arwana

Kamis, 29 Oktober 2020 - 12:00:44 wib | Dibaca: 1073 kali 
Waka DPRD Pekanbaru Minta Pemerintah Mendata Tambak Ikan Arwana

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Adanya tambak ikan arwana di Kota Pekanbaru selama ini belum jelas perizinannya bahkan pendataannya di dinas terkait. DPRD meminta agar pemerintah bisa menggali potensi Pendapatan Asli Daerah dari keberadaan tambak ikan arwana tersebut.
 
"Tambak arwana banyak yang tidak terdata, kita ingin pemerintah mendata agar bisa didapatkan PAD dari sana, karena sudah lama keberadaan mereka namun tidak jelas PAD, puluhan hektare tambak dan menggunakan air permukaan, seharusnya ini dilakukan pendataan," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE, Kamis (29/10/2020).
 
Dikatakan Politisi Partai Demokrat ini, pengusaha ikan arwana tersebut tentunya tidak bisa disamakan dengan pengusaha tambak ikan lele, karena ikan arwana pemasarannya secara ekspor dan masuk kategori usaha mewah. Maka pemerintah perlu mencari potensi dari tambak arwana yang selama ini terabaikan.
 
"Kalau tidak bayar retribusi maka turun ke lapangan, jangan-jangan tidak ada izin usahanya di Pekanbaru, ini usaha besar loh, siklus perputaran uang di situ perbulan menurut saya bisa sampai puluhan miliar, mungkin karena usaha mereka ada di pelosok, di pinggiran makanya tidak terpantau," kata Azwendi.
 
Azwendi bahkan mengaku telah beberapa kali menyurati pemilik usaha tambak ikan arwana tersebut namun tidak pernah ada respon. Bahkan keberadaan usaha tambak ikan arwana itu terkesan tertutup.
 
"Saya berkali-kali surati mereka tak mau terima, penjaga di sana sangat ketat, ada apa, siapa mereka ini, yang jelas kita ingin bersama pemerintah minggu depan tambak itu didata," pungkas Azwendi.
 
Untuk itu kata dia lagi dibutuhkan kesungguhan instansi terkait soal tombak arwana untuk ditindaklanjuti supaya dapat menambah Pendapatan Asli Daerah Pemerintah Kota Pekanbaru.
 

 
Karena dengan demikian Pemko Pekanbaru dapat meningkatkan kembali PAD nya serta memiliki data kongkrit dimana saja tambak-tambak ikan arwana yang ada di Kota Pekanbaru.
 
Jika perlu diberdayakan instansi terkait untuk melakukan penertiban para pengusaha tambak ikan arwana yang terkesan tertutup dan enggan tunduk dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. 

Loading...
BERITA LAINNYA