Sekretaris Komisi III DPRD Pekanbaru Minta Masyarakat Segera Divaksin

Selasa, 16 Februari 2021 - 17:28:14 wib | Dibaca: 693 kali 
Sekretaris Komisi III DPRD Pekanbaru Minta Masyarakat Segera Divaksin
Jepta Sitohang, Sekretaris Komisi III DPRD Pekanbaru

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Jepta Sitohang, Sekretaris Komisi III DPRD Pekanbaru, minta Dinas Kesehatan memberikan vaksinasi kepada masyarakat, mengingat hingga saat ini angka masyarakat yang terpapar Covid-19 terus bertambah.

"Untuk warga kita berharap secepatnya bisa dilakukan vaksinasi, karena saat ini vaksin masih seputar tenaga kesehatan," kata Jepta Sitohang, Selasa (16/2/2021).

Disebutkan Politisi Partai Demokrat tersebut, sebelum vaksinasi dilakukan kepada masyarakat Pemko Pekanbaru diminta melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dia tak menampik bahwa vaksinasi di tengah masyarakat masih terjadi polemik.

"Ada warga yang masih bertolak belakang yang belum paham dengan vaksin, dari itu pemerintah harus bisa memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat," jelasnya.

Terlebih lagi, tambah Jepta, ada kasus yang dimana setelah dilakukan vaksinasi yang pertama orang yang divaksin tersebut masih bisa terpapar Covid-19, tentu hal ini semakin menjadi tanda tanya besar di tengah masyarakat.

"Jika tahap pertama divaksin terjangkit Covid apakah nanti bisa divaksin kembali untuk tahap kedua, atau diulang kembali ke tahap pertama atau bahkan tak divaksin lagi sama sekali. Tentu ini harus diperjelas," pungkas Jepta.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menargetkan, sekitar 700 ribu warga sudah vaksinasi Covid-19, di akhir tahun 2021 mendatang. Oleh karenanya, ia meminta agar semua pihak saling mendukung dan bersinergi untuk menyukseskan target tersebut.

Sesuai ketentuan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok usia di atas 59 tahun dilakukan untuk menekan angka kematian dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi lansia.

Hal itu dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) secara resmi telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 dari Sinovac bagi kelompok usia lanjut di atas 60 tahun.

Pemerintah lalu memprioritaskan pemberian vaksin Covid-19 kepada tenaga medis dan lansia pada tahap pertama, lalu pelayan publik dan masyarakat.

Proses vaksinasi bagi berbagai kelompok terus didorong, hingga semua masyarakat tervaksin, maka perlu dilakukan percepatan salah satunya melalui pencanangan vaksinasi massal.


Loading...
BERITA LAINNYA