Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Anggota Komisi VI DPR RI, Jon Erizal Sosialisasikan Peran Kemitraan UMKM BUMN

Rabu, 30 November 2022 - 15:57:54 wib | Dibaca: 822 kali 
Anggota Komisi VI DPR RI, Jon Erizal Sosialisasikan Peran Kemitraan UMKM BUMN
Sosialisasi peran kemitraan UMKM BUMN di Hotel Bono Pekanbaru Riau, Selasa (22/11/2022), di hadiri kader Posyandu sekaligus sebagai pelaku UMKM di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Riau, Jon Erizal meminta agar BUMN meningkatkan perannya dalam bermitra dengan UMKM, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi di indonesia.

Hal itu di ungkapkan dalam sosialisasi yang di laksanakan di Hotel Bono Pekanbaru Riau, Selasa (22/11/2022), di hadiri oleh kader Posyandu sekaligus sebagai pelaku UMKM di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. 

Jon Erizal menjelaskan, BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang pisahkan.

Sementara Pendirian BUMN bertujuan memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional, mengejar keuntungan, menyelenggarakan kemanfaatan umum, turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat (UU No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN).

"Ada banyak BUMN di indonesia dimana ada di sektor Industri Telekomunikasi dan Media, Industri Energi, Minyak, dan Gas Bumi, Industri Mineral dan Batubara, Industri Perkebunan dan Kehutanan,     Industri Pangan, Industri Kesehatan, Manufaktur dan Survei Jasa Keuangan inprastruktur dan masih banyak lagi," ungkap Jon.

Putra Riau ini menambahkan, di sisi inprastruktur di BUMN ada perusahaan PT. Waskita Karya yang sebagai agen pembangunan di bidang infrastruktur terus memberikan kontribusi positif untuk seluruh masyarakat dan stakeholders dalam membangun Indonesia.

"Hal ini diwujudkan melalui pembangunan di berbagai sektor antara lain jalan tol, bendungan, kelistrikan, bangunan gedung, bandar udara, dan jalur perkeretaapian," tambahnya.

Pada sektor jalan tol, Waskita turut berkontribusi dalam pembangunan beberapa jalan tol dengan total panjang +1.300 Km yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Salah satu tol yang sudah di bangun di provinsi Riau adalah Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Pekanbaru-Bangkinang. Kedepan akan ada pembangunan Tol Pekanbaru Rengat dan akan sampai ke jambi-palembang dan lampung," Ujar Jon.

Jon menambahkan bahwa jalan tol yang di bangun tentu akan mendorong UMKM dalam meningkatkan usahanya di semua sektor karena bisa memmpecepat arus distribusi barang dan jasa nya.

Jon Erizal menjelaskan, pada sektor kelistrikan, Waskita Karya saat ini tengah membangun jaringan transmisi 500 kV di Sumatera yang bertujuan untuk mengalirkan listrik dari pembangkit listrik tenaga batu bara di bagian selatan ke bagian utara Pulau Sumatera.

Listrik dialirkan menggunakan jalur transmisi dengan jumlah total sebanyak 1.574 tower transmisi 4 sirkit yang membentang sepanjang 681,43 km dari Muara Enim, Sumatera Selatan sampai dengan Perawang, Riau.

Proyek pembangunan transmisi 500 kV di Sumatera ini terdiri dari tiga paket. Paket I mencakup 556 tower transmisi yang membentang sepanjang 244 km dari New Aur Duri sampai dengan Peranap, paket II mencakup 379 tower transmisi yang membentang sepanjang 160,59 km dari Peranap sampai dengan Perawang, dan paket III mencakup 639 tower transmisi yang membentang sepanjang 276,84 km dari New Aur Duri sampai dengan Muara Enim.

"Kedepan juga akan akan ada pembangunan Jalur Kreta Api Lintas Sumatera yang menghubungkan provinsi Lampung sampai ke aceh dan ini juga akan berdampak pada ekonomi masyarakat indonesia khususnya UMKM yang terus akan menjadi penopang ekonomi bangsa indonesia." Tutup Jon.


Loading...
BERITA LAINNYA