Pengaruh Covid-19 Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Investasi Pasar Modal

Sabtu, 08 Januari 2022 - 14:44:58 wib | Dibaca: 1050 kali 
Pengaruh Covid-19 Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Investasi Pasar Modal
Ilustrasi/net

Virus Covid-19 merupakan virus yang telah melanda negara-negara terutama indonesia yang mulai merasakan penyebaran virus ini sejak maret tahun 2020.

 

Virus ini sangat berbahaya karena penyebarannya yang begitu cepat mengakibatkan  banyak masyarakat di seluruh negara mengalami jatuh sakit jika telah terkontaminasi bahkan mengakibatkan meninggal dunia.

 

Tercatat kasus covid-19 hingga tanggal 04 januari 2022 sebesar 298 jt kasus yang diantaranya 5,47 jt meninggal dunia (wikipedia). Oleh karena itu pemerintahan indonesia memutuskan untuk mengurangi aktivitas diluar demi mencegah penyebaran virus covid-19 ini dan jikapun ada aktivitas yang harus dilakukan diluar maka masyarakat wajib mengikuti protokol- protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah indonesia.

 

Akibat pandemi ini aktivitas diseluruh negara sangat terganggu baik persekolahan, pekerjaan maupun kegiatan berbisnis. Karena pandemi ini juga banyak karyawan terkena dampaknya seperti di PHK dari perusahaan mereka karena bisnis yang mereka jalankan mengalami penurunan laba.

 

Sehingga membuat sulitnya masyarakat mencari lapangan pekerjaan terutama bagi mahasiswa/i yang akan lulus dari perguruan tinggi akan sulit untuk mencari pekerjaan setelah mereka lulus nanti. 

 

Dengan seiring berjalannya waktu masyarakat mendapatkan beberapa ide dalam mencari pendapatan ditengah pandemi saat ini dengan memanfaatkan media elektronik yang ada, seperti menjadi youtuber, menerbitkan artikel-artikel pengetahuan dan berinvestasi dipasar modal.

 

Investasi dipasar modal merupakan salah satu opsi bagi masyarakat maupun mahasiswa dalam mencari pendapatan. Karena investasi merupakan kegiatan yang sangat membantu disaat pandemi ini karena tidak perlu untuk keluar dari rumah untuk bekerja, hanya cukup menggunakan media intenet dalam melakukan investasi tersebut. 

 

Dengan berinvestasi tidak banyak juga masyarakat menjadikan ini sebagai tempat penghasilan utama mereka karena dengan mempelajasi investasi yang baik dapat menghasilkan keutungan yang besar.

 

Pasar Modal merupakan tempat bagi para masyarakat atau sering disebut investor/trader dalam menanamkan dana mereka ke perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

Oleh karena itu sekarang banyak perguruan tinggi menerapkan, memperkenalkan dan memberi pelatihan mengenai investasi dipasar modal terutama dalam hal trading investasi melalui media yang ada seperti Bibit, KoinWorks, Ajaib dan IPOT untuk menimbukalkan minat mahasiswa dalam berinvestasi.

 

Seperti contohnya Universitas Muhammadiyah Riau yang bekerja sama dengan Indopremier Sekuritas untuk membantu mahasiswa mengetahui lebih dalam cara berinvestasi serta resiko - resiko yang akan terjadi dan membantu para mahasiswa untuk menetukan apakah mereka akan menjual, menahan, atau membeli saham dengan baik dan mempratekannya menggunakan aplikasi IPOT. 

 

Oleh karena itu dengan sekarang mudahnya berinvestasi memicu minat banyak kalangan untuk terjun ke investasi pasar modal yang ada. Karena untuk mencari pengetahuan mengenai berinvestasi itu sendiri sangatlah mudah Sebab telah banyak artikel - artikel maupun penjelasan secara virtual melalui youtube yang sudah banyak terpublis di media sosial.

 

Penulis: Fransiskus Telaumbanua (180301094)

Nadia Islami (1080301047)

Rico Jhon Veryanto Waruwu (180301070)

Dosen : Zul Azmi, SE.,M.Si,.Ak.,CA.,CSRS

Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Riau


Loading...
BERITA LAINNYA