Bupati Inhil HM Wardan Masuk 10 Nominasi Penerima AK-PWI 2023

Kamis, 15 Desember 2022 - 16:39:44 wib | Dibaca: 499 kali 
Bupati Inhil HM Wardan Masuk 10 Nominasi Penerima AK-PWI 2023
Bupati Inhil, HM Wardan

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Nama Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan masuk dalam daftar 10 Kepala Daerah yang akan menerima Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Medan, Sumatera Utara.

Penetapan para nominasi ini dilakukan setelah Tim Juri AK-PWI menggelar rapat di Kantor PWI Pusat, Lantai 4 Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih 134 Jakarta pada Rabu, 14 Desember 2022 kemarin.

Saat itu, Tim Juri AK-PWI memilih 10 proposal dan video yang akan dilanjutkan pada babak presentasi pada tanggal 21-22 Desember 2022 di Jakarta. Presentasi akan dilakukan langsung oleh Bupati/Walikota yang masuk dalam nominasi.

Untuk diketahui, para penerima AK-PWI 2023 ini difokuskan pada Bupati dan Walikota yang inovatif pada pangan, sandang dan papan yang berbasis informasi dan kebudayaan (kearifan lokal), karena mengingat Indonesia belakangan ini menghadapi sejumlah tantangan, antara lain swasembada pangan, sandang yang berkepribadian dan papan yang laras dengan alam dan kearifan lokal.
 
"Sejak Anugerah Kebudayaan digelar pertama kali pada peringatan HPN 2016 di Lombok. Kemudian berlanjut pada HPN 2020 Banjarmasin, HPN 2021 Jakarta, dan HPN 2022 Kendari kami mengangkat tema yang aktual dengan tantangan bangsa. Kali ini kami mengangkat tema 'Inovasi pangan, sandang dan papan, berbasis informasi dan kebudayaan (kearifan lokal)'," tutur Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari selaku Penanggung Jawab HPN 2023 seperti dikutip dari lama pwi.or.id.

Pers sebagai pilar keempat demokrasi, tandas Atal, bertanggungjawab turut mencerdaskan dan memajukan bangsanya. Tidak terbatas pada aspek ekonomi dan politik semata, melainkan semua aspek berbangsa dan bernegara, termasuk kebudayaan. Dengan latar belakang itulah, Anugerah Kebudayaan PWI Pusat digelar.

Adapun sepuluh Bupati dan Walikota yang akan tampil dalam presentasi nantinya, yakni :

1. Bupati Sleman Hj Kustini Sri Purnomo : "Inovasi Batik Sinom Parijotho Salak Sleman Berbasis Kearifan Lokal"
2. Bupati Kuningan H Acep Purnama : "Ngarumat Budaya Kuningan, Ngariksa Alam, Mapag Swasembada Pangan"
3. Walikota Surabaya Eri Cahyadi : "Dandan Omah, Ben Apik Rek"
4. Walikota Medan Bobby Nasution : "Digitalisasi Produk Sandang"
5. Bupati Malang Moh Sanusi : "Inovasi Pangan Berbasis Kearifan Lokal"
6. Bupati Pesawaran H Dendi Ramdhona K : "Sulam Jelujur : Dari Pesawaran untuk
Mancanegara"
7. Bupati Indragiri Hilir HM Wardan : "HM Wardan dengan Kelapa yang Membudaya"
8. Bupati Agam Adri Warman. "Strategi Kebudayan dalam Menjaga Hutan sebagai
Ketahanan Pangan".
9. Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya : "Gerakan Cetak Sawah Mandiri".
10. Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik : Inovasi Kopra Putih di Halmahera Selatan"


Loading...
BERITA LAINNYA