Ribuan Massa Tani Repdem Riau Gelar Konsolidasi Akbar Lawan Mafia Lahan di Kampar

Senin, 27 Februari 2023 - 08:20:39 wib | Dibaca: 1272 kali 
Ribuan Massa Tani Repdem Riau Gelar Konsolidasi Akbar Lawan Mafia Lahan di Kampar
Massa Tani Repdem saat melakukan pendudukan kawasan yang dikuasai mafia lahan

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Ribuan massa tani di Koto Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Riau dipastikan hadir pada konsolidasi akbar melawan mafia lahan di daerah setempat.

Hal itu disampaikan Muhammad Ridwan, Wakil Ketua Bidang Buruh dan Tani, Dewan Pimpinan Daerah Relawan Perjuangan Demokrasi (DPD-Repdem) Provinsi Riau kepada wartawan, Senin, 27, Februari, 2023, di Pekanbaru.

Dia mengatakan ribuan massa tani itu akan menggelar panggung politik lawan mafia lahan di areal perkebunan sawit di Koto Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Riau.

Panggung politik kaum tani itu juga selain diisi orasi politik dengan tagar #GebukMafiaTanah dibarengi dengan silaturahmi akbar tokoh masyarakat serta para tetua adat setempat.

"Ini adalah bentuk konsistensi kita melawan mafia lahan, melawan bentuk ketidakadilan, melawan perampasan, kesewenang-wenangan kepada kaum marhen kaum tani, dan juga konsolidasi akbar perlawanan massa tani atas penguasaan lahan 2500 hektar yang dikuasai segelintir orang mengatasnamakan kelompok tani di Koto Garo ini " beber Iwan panggilan akrabnya, kepada wartawan, Senin pagi, 27. Februari, 2023, di Pekanbaru.

Selain diisi dengan orasi politik kata Iwan, kegiatan juga di isi dengan silahturahmi potong tumpeng dan makan bersama. Para basis tani di Koto Garo tersebut beber Iwan sudah menyembelih dua ekor kambing untuk disantap bersama-sama.

"Ini juga bentuk syukuran para massa tani, atas respon positif Pemerintah Kabupaten Kampar dalam hal ini bapak Kamsol selaku Penjabat Bupati Kabupaten Kampar atas aduan dan tuntutan massa tani untuk segera mengembalikan hak masyarakat petani atas 2500 hektar lahan yang dikuasai mafia lahan di Koto Garo ini " ungkap Iwan, yang juga Kepala Biro Advokasi Rakyat (BARA) Repdem Riau ini.

BARA Repdem Riau sendiri jelas Iwan, hingga kini sudah mendapat beberapa pengaduan soal mafia lahan ini sejak posko pengaduan dibuka beberapa sepekan yang lalu.

Penguasaan lahan oleh mafia dan konsesi perkebunan ilegal massif terjadi di Bumi Lancang Kuning ini, dan parahnya lagi tegas Iwan, persoalaan tersebut tak pernah terselesaikan secara konkrit dan dirasakan kesejahterannya untuk masyarakat petani.

Padahal lanjut Iwan, Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) sudah mengintruksikan agar persoalaan mafia lahan ini segera dituntaskan dan diselesaikan.

Untuk itu kata Iwan, Panggung Politik Kaum Tani #GebukMafiaLahan di Koto Garo Kampar ini merupakan titik awal perlawanan terhadap para mafia dan konsesi ilegal di Bumi Lancang Kuning ini. "Dan BARA Repdem Riau akan menjadi garda terdepan bagi massa petani melawan mafia tanah dan lahan tersebut " tukas Iwan.  


Loading...
BERITA LAINNYA