Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Inhil Luncurkan Inovasi SiMPATI

Kamis, 30 Juni 2022 - 18:14:15 wib | Dibaca: 224 kali 
Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Inhil Luncurkan Inovasi SiMPATI
Ket foto: Bimbingan Teknis pengoperasian Sistem Monitoring Pengelolaan Tender/Seleksi Indragiri Hilir (SiMPATI), Rabu 29 Juni 2022.

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau meluncurkan inovasi Sistem Monitoring Pengelolaan Tender/Seleksi Indragiri Hilir (SiMPATI).

Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Inhil, Meiza Hardi, S. Sis mengatakan, inovasi SiMPATI dirancang memudahkan pengelolaan pengadaan barang/jasa melalui tender/seleksi yang telah disediakan di dalam tampilan Dashboard SiMPATI.

"Aplikasi ini dirancang untuk menyajikan informasi proses-proses pengelolaan pengadaan barang/jasa melalui tender/seleksi yang sedang dikelola dalam bentuk dashboard Sistem Monitoring Pengelolaan Tender/Seleksi Indragiri Hilir yang kami beri nama SiMPATI," kata Meiza Hardi, S. Sis, Kamis (30/06/2022).

Inovasi tersebut sebagai bentuk tugas dan fungsi Bagian Pengadaan Barang/Jasa yang merupakan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) yang memiliki fungsi sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Pasal 75 ayat (2).

"Didalam tugas dan fungsi Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Inhil yang salah satunya yaitu bertugas melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan di bidang pengelolaan pengadaan barang/jasa," terangnya.

"Selain itu, salah satu fungsi yaitu melakukan pemantauan, evaluasi dan membuat laporan pelaksanaan tugas dan kegiatan pada urusan pengelolaan pengadaan barang/jasa," sambungnya.


Selain menyajikan proses-proses pengelolaan tender/seleksi pengadaan barang/jasa yang sedang dilaksanakan di Bagian Pengadaan Barang/Jasa berupa informasi paket tender/seleksi yang masuk, informasi proses yang sedang berlangsung, serta informasi lainnya guna mempermudah pihak-pihak berkepentingan dalam memonitoring proses pengelolaan pengadaan barang/jasa melalui tender seleksi.

Adapun kondisi sebelumnya, Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Inhil masih menggunakan sistem manual atau konvensional, yakni masih dalam bentuk print out, dimana ketika ada pihak-pihak tertentu membutuhkan informasi terkait maka akan dibutuhkan waktu dalam penyiapan data dan informasi yang dibutuhkan, serta tidak dapat disajikan secara real time (sesuai kondisi saat data dan informasi disampaikan).

Untuk memudahkan kinerja Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Inhil, lahirlah inovasi SiMPATI yang bertujuan meningkatkan transparansi, keterbukaan, serta akuntabilitas dalam pengelolaan tender/seleksi sesuai prinsip pengadaan barang/jasa, memberikan informasi secara real time terkait tahapan-tahapan/proses pengelolaan tender/seleksi yang sedang berlangsung, mempermudah pihak-pihak yang berkepentingan dalam memonitoring pengelolaan tender/seleksi.

"Inovasi ini sebagai bentuk implementasi dari salah satu Misi Bupati dan Wakil Bupati Inhil Tahun 2018-2023, yakni memantapkan tata kelola pemerintahan yang makin responsif, partisipatif, inovatif, efektif dan berketaatan hukum," ucapnya.

Terakhir Meiza Hardi memaparkan, output dari inovasi yang dirancang adalah berupa sebuah sistem informasi yang berisi berbagai informasi terkait proses-proses pengelolaan pengadaan barang/jasa melalui tender/seleksi secara real time, diantaranya disajikan daftar paket tender/seleksi yang sedang dikelola, daftar Instansi/OPD penanggungjawab, jenis pengadaan barang/jasa yang sedang berproses, tahapan-tahapan/proses tender/seleksi yang sedang berlangsung, serta rekapitulasi proses dan anggaran/biaya.

"Melalui dasbor SiMPATI semua informasi pengelolaan pengadaan barang/jasa disajikan secara real time. Inovasi ini menghemat anggaran dan lain sebagainya." Tutupnya.

 


Loading...
BERITA LAINNYA