Jon Erizal Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan pada Masyarakat

Sabtu, 29 Juli 2023 - 17:59:08 wib | Dibaca: 419 kali 
Jon Erizal Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan pada Masyarakat

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Anggota komisi VI DPR RI Jon Erizal, S.E., M.B.A. melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada masyarakat agar nantinya dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Bono pada Senin (24/7/2023) malam.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 150 mahasiswa UMRI dan STKIP Aisyiyah Riau.

Jon Erizal mengatakan sosialisasi ini juga bertujuan untuk menjaga tali silaturahmi serta pendekatan batin kepada masyarakat.

"Terdapat empat pilar kebangsaan yakni Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, Pancasila, dan UUD 1945, dimana hal ini dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan bagaimana etika yang di ajarkan oleh tua kita, sebab etika tersebut ada dalam Pancasila," katanya.

Selain itu ia meminta masyarakat terutama mahasiswa harus tahu sejarah salah satunya yakni kitab dari zaman Majapahit karangan Mpu Tantular yang di dalamnya terdapat kata "Bhineka Tunggal Ika".

"Artinya dsri kalimat ini adalah berbeda-beda tetapi satu, baik dari suku, budaya dan adat istiadat kita harus mampu menciptakan persatuan walaupun ada banyak perbedaan yang kita miliki di negara Indonesia ini, khususnya Provinsi Riau," pinta politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Dengan adanya sosialisasi empat pilar kebangsaan dapat diharapkan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dapat mencontoh para tokoh kemerdekaan.

"Bagi para muda-mudi sangat penting memikirkan sejarah dan juga pelajari bagaimana para tokoh kemerdekaan kita mampu berargumentasi dan berfikir kritis untuk kemerdekaan," tambahnya.

Pria yang sering di sapa JE ini juga berharap masyarakat tetap menjaga bahasa sebab Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca).

"Bukan hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan juga hampir di seluruh Asia Tenggara. Maka dari itu sebagai masyarakat Riau dan juga memiliki Bahasa Melayu dapat menjaga dan melestarikan bahasa tersebut," pungkasnya.


Loading...
BERITA LAINNYA