Karhutla Kembali Membara di Inhil, Kali ini Titik Api di Kecamatan Gaung

Rabu, 02 Agustus 2023 - 13:01:04 wib | Dibaca: 717 kali 
Karhutla Kembali Membara di Inhil, Kali ini Titik Api di Kecamatan Gaung
TRC saat melakukan pendinginan lokasi Karlahut di Kecamatan Gaung. (Dok. BPBD Inhil)

GAGASANRIAU.COM, GAUNG - Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) kembali membara di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), kali ini di Desa Simpang Gaung, Kecamatan Gaung.

Pemadaman dan pendinginan Karhutla dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bersama masyarakat dan pihak terkait, Selasa (1/8/2023) pagi.

Luas Lahan dan status lahan yang terbakar belum diketahui karena petugas di lapangan belum bisa di konfirmasi karena terkendala jaringan.

Kepala BPBD Inhil Arliansyah menjelaskan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Inhil telah menurunkan 9 anggota melakukan penanganan Karhutla di Desa Simpang Gaung ini.

“Satu tim turun semalam ke lokasi lewat jalur perairan sungai menggunakan armada Speed Boad 85 PK. Hingga selasa siang apinya masih hidup,” ujar Arliansyah saat dikonfirmasi Tribun Pekanbaru.

Arliansyah menambahkan, berdasarkan Info dari masyarakat bahwa Karhutla sudah terjadi 4 hari, namun terpantau di satelit pada Senin (31/7/2023).

“Tim langsung bergerak ke lokasi setelah di konfirmasi dari desa. Jarak tempuh sekitar 5 km dan medan jalan menuju lokasi titik api,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam penanganan Karhutla ini TRC menurunkan 2 unit mesin mini Striker, 20 roll Selang 1,5 Inci, 1 unit mesin apung serta alat pendukung lainnya.

Namun sejumlah kendala juga dihadapi tim dalam penanggulangan Karhutla ini, seperti tanah setapak bergelombang dan bersemak di lokasi Karhutla.

“Selain itu tim juga harus melewati beberapa ranting batang pohon dan terkendala air di karenakan pasang surut,” pungkasnya.

Sebelumnya dashboard lancang kuning juga memantau 1 titik panas atau hotspot di Desa Sungai Perak, Kecamatan Tembilahan, Senin (31/7/2023).

Kapolres Inhil AKBP Norhayat menuturkan, pihaknya sudah melakukan pengecekan dan memang ada bekas terbakar lahan di lokasi tersebut.

“Saat ini api sudah padam dan tidak ada asap lagi,” jelas Kapolres saat dikonfirmasi.

Kapolres mengimbau petugas khususnya yang berada di daerah rawan Karhutla untuk tetap melaksanakan imbauan kepada masyarakat tentang bahaya karhutla.

“Masyarakat terus kita imbau tidak boleh buka lahan dengan cara dibakar. Petugas juga ditekankan melaksanakan patroli ke lokasi – lokasi yang rawan karhutla setiap hari,” pungkasnya.


Loading...
BERITA LAINNYA