200 Paket Sembako PROGRESIF Disalurkan ke UMKM Lewat Program 'Tebus Murah'

Ahad, 31 Desember 2023 - 15:02:58 wib | Dibaca: 4378 kali 
200 Paket Sembako PROGRESIF Disalurkan ke UMKM Lewat Program 'Tebus Murah'
PROGRESIF Wilayah Riau gelar Program 'Tebus Murah' di Jalan Cut Nyak Dhien, Pekanbaru, Minggu pagi (31/12/2023).

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 200 paket sembako berisi gula dan minyak goreng didistribusikan ke pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) oleh Relawan Program Gotong Royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (PROGRESIF) Wilayah Riau lewat Program 'Tebus Murah' di Jalan Cut Nyak Dhien, Pekanbaru.

"Ini merupakan program lanjutan dari 'Aksi Pasar' yang kami lakukan kemarin (Sabtu 30/12/2023) untuk meringankan beban ekonomi masyarakat Pekanbaru," kata Direktur Logistik PROGRESIF Wilayah Riau, Yahya, ditemui di lokasi kegiatan, Minggu pagi (31/12/2023).

Yahya menjelaskan, Program Tebus Murah merupakan agenda nasional Relawan PROGRESIF yang dilaksanakan secara serentak di 38 provinsi se Indonesia.

PROGRESIF merupakan kelompok relawan yang mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud MD.

"Setelah Aksi Pasar di Pasar Pagi Arengka kemarin, kami menemukan keluhan dari pedagang maupun masyarakat karena lonjakan harga sembako jelang Natal dan Tahun Baru 2024," kata Yahya.

Relawan PROGRESIF kata Yahya kemudian berbelanja bahan kebutuhan pokok di pasar tersebut untuk kemudian kembali dijual dengan harga yang sangat murah setelah dipotong harga sebesar 40 persen.

"Dengan sembako murah ini, kami berharap masyarakat dapat sedikit terbantu," katanya.

Pantauan pers, Program 'Tebus Murah' PROGRESIF di kawasan 'car free day' menyedot perhatian pengunjung dan pelaku usaha UMKM.

Masyarakat dan pelaku UMKM terlihat antusiastis hingga mengantre untuk mendapatkan paket sembako murah berupa gula dan minyak goreng.

Deputi PROGRESIF Wilayah Riau, Fazar Muhardi, menambahkan, disediakan sebanyak 200 paket untuk Program Tebus Murah kali ini.

"Paket sembako tersebut berisikan satu kilo gula dan satu liter minyak goreng yang dijual dengan harga Rp20 ribu per paket," katanya.

Harga tersebut menurut Fazar jauh lebih murah dibanding dengan harga pasar saat ini, dimana gula per kilogramnya mencapai Rp17.000 dan minyak goreng seharga Rp15.000 per liter.

"Harga normal untuk paket sembako itu adalah Rp32.000, namun kami menjualnya dengan potongan harga 40 persen sehingga masyarakat dapat membelinya dengan harga Rp20.000 per paket," kata Fazar.

Marsinah, seorang pedagang kecil yang membuka lapak di sekitar kawasan 'car free day' mengaku sangat terbantu dengan Program Tebus Murah yang dilaksanakan PROGRESIF Riau.

"Sekarang sembako semuanya mahal naik hampir dua kali lipat. Program ini sangat membantu kami, harapannya rutin dilakukan supaya berkurang beban kami," katanya.

Sementara itu, Anto, pelaku UMKM lainnya mengungkap terimaksih atas kegiatan sembako murah yang dilaksanakan PROGRESIF Riau.

"Terimakasih telah memberi perhatian pada kami, pedagang kecil," katanya.

Selain menjual dengan harga murah, Relawan PROGRESIF juga membagikan paket sembako secara gratis ke masyarakat kurang mampu yang melintas di sekitar kawasan 'car free day'.

Seorang pemulung dan beberapa tunawisma juga menjadi sasaran sembako gratis sebagai bentuk perhatian relawan yang mendukung pasangan presiden dan cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud.

"Kami progresif, kami Ganjar-Mahfud!" teriak kelompok UMKM saat menebus sembako dengan harga murah itu.


Loading...
BERITA LAINNYA