Gula Kelapa Cetak Khas Tembilahan Diekspor ke Batu Pahat Malaysia

Ahad, 19 Mei 2024 - 12:58:42 wib | Dibaca: 1166 kali 
Gula Kelapa Cetak Khas Tembilahan Diekspor ke Batu Pahat Malaysia
Gula cetak hasil produksi UMKM Desa Pulau Palas.

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Petani Kabupaten Indragiri Hilir tidak habis akal dalam meningkatkan perekonomian mereka. Kali ini mereka memproduksi gula kelapa cetak.

Gula kelapa cetak ini hasil produksi para petani di Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu untuk diekspor ke Batu Pahat Malaysia.

"Kita kirim lagi 500 kilogram gula kelapa cetak khas Tembilahan ke Batu Pahat Malaysia," kata salah seorang penggiat kelapa, Burhanuddin Rafik, Minggu (19/5/2024).

Burhanuddin Rafik mengatakan, pengiriman gula ini dilakukan oleh kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bekawan Agro Mandiri.

Lebih lanjut Burhanuddin Rafik mengatakan, gula cetak ini diproduksi oleh petani penderes binaan yang berasal dari perkebunan kelapa rakyat di Desa Pulau Palas.

Pengolahan gula cetak tersebut masih menggunakan cara tradisional, dan pengemasan box gulanya juga menggunakan kardus bekas.

"Walaupun kotak kemasan gula kita dari kardus bekas kami tetap mengirim gula kelapa cetak khas Tembilahan produksi UMKM ini," terangnya.

Burhanuddin Rafik berharap pasar di Malaysia lebih baik dan kapasitas produksi meningkat, dalam rangka meningkatkan perekonomian petani.

"Semoga pasar di Malaysia lebih baik agar produk gula cetak meningkat," harapnya.

Ekspor gula kelapa produk umum ini telah berlangsung sejak maret tahun 2023 lalu. 1 box berisi 15 kilogram, satu kilogramnya Rp24.000.

"Eskpor gula cetak ini sejak 2023 lalu." Tutupnya.
 


Loading...
BERITA LAINNYA