Dorong Kesejahteraan, Pemko Pekanbaru Unggulkan Rumah Layak Huni

Senin, 04 April 2016 - 08:23:24 wib | Dibaca: 2461 kali 
Dorong Kesejahteraan, Pemko Pekanbaru Unggulkan Rumah Layak Huni
Walikota Firdaus ST MT bersama pejabat Pemko Pekanbaru saat menyerahkan RLH kepada warga

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Untuk mendorong kepemilikan rumah bagi warga tak mampu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus gencar membuat program Rumah Layak Huni (RLH) selama tiga tahun belakangan sejak 2012 hingga 2014. Program RLH ini, terbukti sangat membantu bagi warga Kota Pekanbaru karena ada peran pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Program RLH ini sudah dimulai sejak tahun 2012 lalu, setiap tahunnya sebanyak 250 unit dibangun dan diserahkan kepada masyarakat yang kurang mampu. Sebelumnya, tahun 2014 lalu, Pemko baru bisa merealisasikan sebanyak 300 unit RLH, namun karena memandang masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki rumah atau belum layak huni, pembangunan RLH kami gesa. Alhamdulillah, sekarang sudah dibangun sebanyak 1.000 unit RLH"disampaikan oleh Firdaus ST MT Wako Pekanbaru beberapa waktu yang lalu.

Untuk itu, Wako Pekanbaru Firdaus selalu berpesan kepada  seluruh camat dan Ketua Organisasai Masyarakat Sekitar OMS), agar mendata warga yang belum mendapatkan kesempatan mendapatkan RLH.

Sementara itu, Dinas Cipta Karya dan Permukiman Pekanbaru ditahun 2013 pihaknya menyatakan RLH ini peruntukannya khusus untuk warga miskin di Kota Pekanbaru dengan sumber dana APBD Kota Pekanbaru sebesar Rp10 miliar. Dimana satu unit rumah menelan dana sekitar Rp35 juta.

Dan syarat warga untuk mendapatkan bantuan rumah layak huni ini antara lain harus memiliki KTP, KK, surat kepemilikan tanah, surat ahli waris tanah, rumah dari kayu, janda.

Warga Kecamatan Marpoyan Damai, Suparmin 43 tahun yang bekerja sebagai petani penggarap di pinggiran kota berharap agar Pemko Pekanbaru tetap menjadikan program RLH ini terus digulirkan. Karena menurutnya masih banyak warga yang belum bisa mendapatkan rumah layak huni.

"Semoga saja hingga 5 tahun kedepan RLH ini terus digulirkan, dan kami yang belum mendapatkan kesempatan bisa punya rumah, selain itu kami juga berharap agar persyaratannya tidak sulit, soalnya jika urusan administrasi yang ribet, masyarakat jadi sungkan"papar Suparmin lugas.

Ditambahkan juga olehnya, agar Pemko Pekanbaru bukan hanya membangun RLH untuk warga yang sudah memiliki tanah hak milik, ia juga menyarankan agar Pemko Pekanbaru dapat membuat program tanah untuk rakyat sebagai pemukiman.

Reporter Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA