Pemkab Rohul Tarik Kas Daerah di Bank Riau Kepri, Siapa Nyusul?

Senin, 07 Agustus 2017 - 19:00:28 wib | Dibaca: 3487 kali 
Pemkab Rohul Tarik Kas Daerah di Bank Riau Kepri, Siapa Nyusul?

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) melakukan penarikan kas dana di Bank Riau Kepri. Dana yang ditarik dialihkan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Kuat dugaan penarikan dana ini, hilangnya kepercayaan terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi  menyarankan agar manajemen Bank Riau Kepri (BUMD) untuk mengubah dan berbenah atas sistem pelayanan yang dinilai kurang maksimal terhadap pelanggan.

Ia menanggapi atas pemindahan seluruh kas daerah Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, yang sebelumnya di BRK, dialihkan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk. Pemindahan kas daerah ini dilakukan secara tiba-tiba tak lama BRK meluncurkan SIMDA Online.

“Ini pelajaran untuk pihak manajemen BRK supaya bisa belajar dan memperhatikan aspek usaha dan pelanggan dalam pelayanannya,” kata Hijazi, Rabu (7/8/2017).

Lagi pula, kata Hijazi, tak ada kewajiban bagi Pemda kabupaten atau provinsi untuk menyimpan kas daerahnya di bank milik Pemda Riau ini. Meski secara kepemilikan saham, dipunyai oleh pemerintah.

Karena ada dua sisi yang sedang dijaga dan dipisahkan. Sisi pertama, adalah pemerintah daerah sebagai pemegang saham yang menginginkan nasabah sebanyak-banyaknya.

Sedangkan yang kedua sisi independensi, bahwa lembaga ini juga memiliki hak untuk mandiri dan melepaskan diri untuk menanamkan tabungan daerah di lembaga manapun.

“Semua sih tidak ada ikatan yang harus atau wajib. Jangankan pemkab, pemprov juga bisa terjadi. Bahkan sebagian ada yang menanamkan di bank lain kalau ada kelebihan dana. Tapi datanya ada di BPKAD,” terangnya.

Sebelumbna, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu telah Menandatangani Momerandum of Under Standing (MoU) kerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, Selasa pagi (1/8/2017) sekitar pukul 10.00 WIB di Kantor Bupati Rohul, Pasir Pengaraian.

Dari Pemkab Rohul penadatanganan MoU kerjasama ini ditandatangani Bupati Rohul, H Suparman SSos MSi didampingi Setda Rohul Ir H Damri Harun MM, sedangkan dari pihak BRI ditandatangani pimpinan Kantor Wilayah BRI Pekanbaru, Erizal didampingi Pimpinan Kantor Cabang BRI Pasir Pengaraian, Bhakti Agung Siswanto SE.

Penadatanganan MoU ini dilakukan untuk pemindahan pengelolaan Kas Umum Daerah ke BRI, sehingga ke depannya seluruh transaksi keuangan, baik penerimaan dan pengeluaran daerah, akan dilayani melalui BRI yang dikenal memiliki Jaringan terluas serta Terknologi mutakhir tersebut. Artinya tidak lagi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank Riau-Kepri.

Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA