PWI Riau Rekrut Anggota Baru dan Ujian KLW

Jumat, 15 November 2013 - 01:21:31 wib | Dibaca: 2047 kali 

[caption id="attachment_6303" align="alignleft" width="225"]Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau, akan menggelar Ujian Masuk untuk menjaring keanggotaan baru serta Karya Latihan Wartawan (KLW) se Provinsi Riau. Ujian masuk dan KLW direncanakan pada hari Sabtu, 23 November 2013 mendatang.

Ketua PWI Provinsi Riau H Dheni Kurnia didampingi Ketua Panitia Ujian Masuk Anggota PWI Riau dan KLW se Riau, Almudazir menjelaskan, dilaksanakannya kembali ujian masuk keanggotaan PWI Riau ini, guna mengamomodir keinginan dari para wartawan yang bertugas di semua kabupaten dan kota di Provinsi Riau untuk bergabung ke PWI. Karena, dalam Undang Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, sangat jelas diatur bahwa wartawan Indonesia harus bergabung dalam organisasi wartawan.

“Dari 26 organisasi wartawan yang ada di Indonesia, hanya tiga yang diakui oleh Dewan Pers. Satu diantaranya adalah PWI, sebagai organisasi wartawan terbesar di Indonesia saat ini,” terang Dheni.

Ditambahkan Dheni, PWI Provinsi Riau selalu membuka peluang bagi wartawan yang ada di Provinsi Riau untuk bergabung ke PWI. Karena itu, secara rutin setiap tahun PWI Riau selalu menggelar ujian masuk keanggotaan baru PWI.

“Untuk bergabung ke PWI, harus melalui ujian masuk. Bagi yang lulus, maka kita ajukan ke pusat untuk disahkan sebagai anggota PWI. Namun sesuai PD/PRT PWI, yang lulus ujian akan menjadi anggota muda, setelah tiga tahun baru kita usulkan menjadi anggota biasa,” ungkapnya.

Sedangkan untuk peserta KLW, lanjut Dheni adalah bagi wartawan yang sudah anggota PWI, namun kartu PWI nya sudah tidak berlaku lagi minimal sudah enam bulan. “Untuk kembali mengaktifkan kembali kartunya, maka  dia wajib mengikuti KLW. Keikutsertaannya di KLW inilah yang menjadi acuan bagi pusat untuk mengeluarkan perpanjangan kartu PWI nya,” turu Dheni.

Ditambahkan Almudazir,  wartawan yang boleh mengikuti ujian masuk PWI, minimal berpendidikan D3 atau sedang menjalani Srata Satu (S1) namun sudah dalam penyusunan skripsi. “Pendaftaran dibuka mulai Jumat (15/11) sampai Jumat, (22/11) di Sekretariat PWI Riau, Jalann Sumatera Pekanbaru. Sedangkan acara digelar di Kantor Perpustakaan Wilayah Soeman HS Pekanbaru,”jelasnya.

Eka Saputra


Loading...
BERITA LAINNYA