Wardan: Sektor Perkebunan Kelapa Akan Jadi Prioritas

Jumat, 22 November 2013 - 12:30:27 wib | Dibaca: 2112 kali 

[caption id="attachment_6973" align="alignleft" width="227"]Bupat Indragiri Hilir (Inhil) H.M. Wardan Bupat Indragiri Hilir (Inhil) H.M. Wardan[/caption]

gagasanriau.com, Tembilahan - Bupati Inhil terpilih, HM Wardan, menilai sektor perkebunan kelapa masih penting dalam rangka mengangkat perekonomian rakyat. Guna mengembalikan 'kejayaan' petani dan hasil perkebunan kelapa di Indragiri Hilir, maka diperlukan kehadiran investor yang akan bergerak di bidang pengolahan kelapa dan turunannya.

Menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan Riau ini, sebagian besar masyarakat Inhil sangat tergantung dengan hasil perkebunan kelapa, sehingga ketika terjadi kerusakan kebun dan ditambah anjloknya harga jual kelapa, maka dampaknya sangat dirasakan petani Inhil.

"Kami harus membenahi permasalahan petani kelapa di Inhil, karena sebagian masyarakat sangat tergantung dengan komoditas perkebunan ini. Maka kehadiran investor sangat diperlukan bagi pengolahan kelapa dan produk turunannya. Sehingga ketika harga jual kelapa turun, petani dapat tetap memanfaatkan nilai jual dari produk turunannya," ungkap HM Wardan.

Permasalahan kerusakan infrastruktur jalan juga menjadi fokus dan prioritas program pembangunan di awal pemerintahannya. Ia menyebutkan, saat ini hampir di setiap kecamatan infrastruktur jalannya mengalami kerusakan.

"Padahal, infrastuktur jalan ini sangat penting bagi mendukung kelancaran arus transportasi orang dan barang, serta mendekatkan akses pelayanan masyarakat ke titik pemerintahan, perekonomian dan pusat kesehatan," imbuh mantan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Riau ini.

Mengacu kepada visi, misi dan program pembangunan yang disampaikan saat akan 'bertanding' di Pilkada Inhil, 4 September lalu, maka pihaknya akan melakukan inventarisir berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan, untuk kemudian dicarikan solusi mengatasi dengan mengacu kepada visi, misi dan program pembangunan mereka.

"Mudah-mudahan apa yang menjadi hajat dan visi, misi dan program kedepan dapat direalisasikan. Kami juga akan menggabungkan visi, misi dan program (calon Bupati dan Wabup Inhil, red) lain bagi pembangunan Indragiri Hilir," harapnya.

humas Inhil


Loading...
BERITA LAINNYA