Mahasiswa KKN UMRI Sosialisasi Pengembangan UMKM di Kelurahan Bencah Lesung


Dibaca: 232 kali 
Senin, 13 September 2021 - 20:12:06 WIB
Mahasiswa KKN UMRI Sosialisasi Pengembangan UMKM di Kelurahan Bencah Lesung Foto bersama usai sosialisasi Usaha UMKM di Kelurahan Bencah Lesung, Pekanbaru. (Dok. Ain/GAGASAN)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kota bertuah sebagai kota yang aktivitasnya nonstop 24 jam, ada yang bekerja di kantor, bertani, beternak dan juga ada yang melaksanakan kegiatan perkuliahan. Contohnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa/i, kali ini juga Kuliah Kerja Nyata (KKN) diadakan oleh Mahasiswa/I Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Saat ini, KKN yang dilaksankan oleh Mahasiswa/I Universitas Muhammdiyah Riau (UMRI), di lakasankan di Kecamatan Tenayan  Raya Kelurahan Bencah Lesung oleh Kelompok 6 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Peran serta civitas para akademika khususnya Mahasiswa/I harus lebih gencar untuk ikut serta dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan berbagai cara seperti edukasi, sosialisasi, pelatihan, hingga praktik yang memiliki nilai bantu terhadap Masyarakat seperti halnya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa/I Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Kelompok Kuliah Kerja Nyata ini dibina langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ari Andriyas Puji, ST., MT dengan Ketua Kelompok Riko Saputra Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Program Studi Teknik Informatika dan 27 Anggota Lainnya Berasal dari program Studi Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknik Informatika dan  Teknik Mesin yang ada di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ari Andriyas Puji, ST., MT memberikan arahan  kepada Mahasiswa/I Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Kelompok 6 Kelurahan Bencah Lesung bahwa mahasiswa/i itu harus menjaga kekompakan dengan harapan juga bisa membantu pelaku UMKM yang ada Di Kecamatan Bencah Lesung khususnya UMKM Tapai Ubi dan olahan lainnya.

Serta tidak lupa pula menciptakan kegiatan bermanfaat untuk warga Kelurahan Bencah Lesung RT/RW : 001/003 serta mampu berbaur dengan warga setempat. 
Ahad, 12 September 2021 bertempat di  RT/RW : 001/003 Kelurahan Bencah Lesung  Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru Riau.

KKN Kelompok 6 Melakukan kegiatan Sosialisasi dengan tema “Pengembangan UMKM Tapai Ubi dan Olahan lainya” kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan Usaha UMKM terutama pada Strategi Pemasaran dengan menekankan Branding dan packaging Produk sehingga memberikan nilai tambah terhadap Produk yang di hasilkan di wilayah Bencah Lesung agar dapat bersaing ke pasar yang lebih luas.

Sebelumnya Mahasiswa/i Kelompok KKN sudah terlebih dahulu melakukan Survei ke Tempat – Tempat pelaku UMKM dimana dari hasil Survei tersebut Kelompok KKN menemukan hal yang harus di suport diantaranya masalah Branding dan Packaging terhadap Produk UMKM tersebut.

Selain itu, Kelompok KKN (UMRI) juga memperoleh  informasi mengenai pengusaha UMKM yang tidak mengetahui dengan adanya teknologi yang akan mempermudah mereka untuk mengembangkan usahanya.

Dengan mengetahui informasi ini, Kelompok KKN (UMRI)  mengusulkan trobosan dengan mempromosikan produk UMKM setempat dengan lebih menekankan pemasaran di media sosial yang sudah tersedia saat ini. Seperti Gofood, Instagram, dan juga Marketplace. Dengan teknologi media sosial ini, meningkatkan  penjualan Usaha UMKM tersebut.

Sugeng Wiyadi Selaku ketua RT mengemukakan bahwa setuju dan sudah mengizinkan untuk mengadakan kegiatan mahasiswa/i  Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Riau di Kelurahan Bencah Lesung RT/RW:001/003 yaitu Pengembangan UMKM Tapai Ubi dan Olahan Lainnya yang sesuai dengan program Kelompok 6 Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dengan tema DESA TANGGUH EKONOMI.

Acara ini dipandu langsung oleh Mahasiswa/I KKN UMRI, dengan Pemateri Nazarullah Ia merupakan Mahasiswa/I Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Program Studi Ilmu Komunikasi dan diperkaya dengan Rekan – Rekan Kelompok lainnya.

Acara sosialisasi berisi materi  mengenai pengembangan UMKM tapai ubi dan olahan lainya, serta strategi pemasaran produk yang akan di pasarkan oleh pelaku UMKM tersebut.

Nazarullah juga mempunyai harapan dengan adanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini,Mahasiswa yang ikut serta dapat membantu pelaku UMKM dan menciptakan kegiatan bermanfaat untuk warga Bencah Lesung RT/RW/:001/003.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan juga respon UMKM Sekitar yang sangat positif terbukti dari 7 UMKM yang ada di Kelurahan Tersebut Antusias mengikuti kegiatan sosialisasi dari awal hingga Akhir.

Supryono pelaku UMKM “kegiatan seperti ini cukup membantu, di samping kita juga dibantu adik-adik Mahasiswa/i, mereka juga mau mencontohkan dalam membuat logo-logo di kemasan produk tapai kami kedepanya,” tuturnya.


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker