Disperindag Inhil Gandeng BLKI dan Dekranasda Untuk Memajukan IRT

Senin, 31 Maret 2014 - 04:01:47 wib | Dibaca: 1827 kali 

Gagasanriau.com Tembilahan-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) saat ini berupaya menggandeng Badan Latihan Kerja Indonesi (BLKI) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Karena menurut Kadisperindag Inhil Fahrolrozi kepada Gagasanriau.com. Bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memajukan Industri Rumah Tangga (IRT)

Dijelaskan olehnya Kabupaten Inhil cukup banyak memiliki potensi kerajinan tangan yang sering disebut IRT. Namun sayangnya prospek itu belum tergarap secara maksimal, padahal memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.

"Kita berupaya menggandeng BLKI dan Dekranasda untuk memajukan dan meningkatkan IRT di Inhil,"paparnya.

Hasil industri dan kerajinan tangan masyarakat Inhil, lanjut fahrolrozy tidak kalah bagus dengan IRT-IRT yang ada di daerah lain.

"Industri rumahan kita tidak kalah bagus dari industri-industri dari daerah lain," sebut mantan Kadishubkominfo Inhil ini.

Saat ini tinggal bagaimana memanfaatkan berbagai sarana yang ada, salah satunya rumah oleh-oleh. Saran ini dapat dikombinasikan dengan cara menaruhkan IRT ke sarana itu. Dengan begitu berbagai kerajinan anak daerah bisa dicari di sana.

"Jadi, untuk tahun ini kita akan membeli kerajian dan IRT masyarakat Inhil selanjutnya kita jual ke Dekranasda dengan pecingan yang menarik,"tandasnya.

Ragil Hadiwibowo

 


Loading...
BERITA LAINNYA