Hujan Merata Akan Terjadi Di Riau Berdasarkan Prakiraan BMKG

Sabtu, 31 Mei 2014 - 07:45:23 wib | Dibaca: 1924 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru-Diprediksi akan terjadi hujan merata di wilayah Kabupaten/kota dalam sepekan kedepan pada sore dan malam hari berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru.

"Potensi hujan secara merata dalam beberapa hari ini disebabkan bertumbuhnya awan yang baik dan didukung pula dengan penerapan teknologi modifikasi cuaca oleh Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Asap Riau," kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami, Sabtu siang (31/5/2014).

Berdasarkan hasil analisis dini, demikian Sanya, pada umumnya cuaca di berbagai wilayah Provinsi Riau berawan.

Pembentukan awan, menurut dia, cenderung cepat sehingga memungkinkan terjadi hujan khususnya pada sore atau malam hari.

"Sementara TMC hanya mendukung atau menguatkan intensitas terjadinya hujan di berbagai wilayah Riau. Karena TMC hanya bisa dilakukan kalau ada awan," katanya.

Sebelumnya hujan dengan intensitas sedang juga telah melanda berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau sejak dini hari hingga siang dan bahkan dikabarkan mampu memadamkan titik kebakaran lahan dan hutan.

"Dari hasil monitoring citra satelit, kemarin hujan terjadi di sejumlah wilayah Riau termasuk Kota Pekanbaru," kata BMKG Stasiun Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada dua hari lalu merilis di Riau terdapat 37 titik panas (hotspot) yang patut diduga sebagai peristiwa kebakaran lahan.

Puluhan "hotspot" tersebut tersebar di sejumlah wilayah kabupaten/kota seperti Bengkalis, Rokan Hilir, Kampar dan sejumlah wilayah lainnya.

Namun pada Kamis (29/5) sore, titik panas berkurang menjadi hanya lima titik yang berada di Rokan Hilir (2 titik), Pelalawan (2 titik), dan Indragiri Hulu (1 titik).

Sementara rilis terakhir yang disampaikan BPBD, pada Jumat pagi di Riau telah nihil titik panas.(Ant)


Loading...
BERITA LAINNYA