Dinas Pendidikan Pekanbaru dan 2 Dinas Lainnya Berkinerja Buruk

Selasa, 02 Desember 2014 - 07:40:47 wib | Dibaca: 1797 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru-Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Tata Ruang dan Bangunan (Disturbang) Kota Pekanbaru dari tahun ke ke tahun menurut Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Riau tidak memiliki peningkatan kinerja dan masuk zona merah.

"Tahun lalu ketiga satker dimaksud juga masuk kategori zona merah," kata Asisten Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Riau, Bidang Penyelesaian Laporan, Bambang Pratama, di Pekanbaru, Selasa (2/12/2014).

Menurut Bambang pihaknya sudah mulai melakukan penilaian terkait pelayanan di Kota Pekanbaru sejak Juli 2014, dan diperkirakan ketiga Satker dimaksud tidak mengalami perubahan dari tahun lalu. Bahkan tidak bisa maksimal dalam pelayanan, sehingga berpotensi masuk zona merah.

"Termasuk tidak memampangkan standar operasional prosedur (SOP) perizinan di masing-masing Satker," katanya mencontohkan.

Setali dua uang dengan komitmen Distarubang, di mana banyak gedung yang belum keluar Izin Mendirikan Bangunan (IMB) nya, tetapi sudah dibangun.

"Seperti Pizza Hut dan Telkom. Belum lengkap izin kenapa bisa tetap dibangun," paparnya.

Lanjutnya, untuk Disdik sendiri pihaknya menemukan masih belum memajang SOP pelayanan karena alasan perbaikan gedung. Sementara Diskes belum bergerak sama sekali. Padahal hal ini sebelumnya sudah disampaikan ke masing-masing Satker itu.

"Diskes belum bergerak. Kalau tidak bergerak, akan masuk ke zona merah lagi. Padahal mereka diharapkan 90 persen masuk zona hijau," katanya.

Menurut dia, memampangkan standar pelayanan itu indikator. Jadi masyarakat paham, kalau mau proses sesuatu, jelas syarat, tarif dan jangka waktunya.

Kata dia, penilaian supervisi dilakukan sampai pertengahan Desember mendatang. Tanpa mengabaikan catatan supervisi tahun lalu.

"Jadi, setelah SOP pelayanan dipampang, baru dinilai kualitas pelayanannya. Di situ bisa diketahui tingkat kepuasan masyarakat," kata dia.

Untuk itu dia berharap dalam dua minggu ke depan masih akan ada perubahan.

Sebelumnya diberitakan, ada beberapa pelayanan di Pekanbaru yang masuk zona hijau pada tahun lalu, seperti Badan Pelayanan Terpadu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Tenaga Kerja dengan nilai 800 hingga 1.000.

Diaz Bagus Amandha sumber antara


Loading...
BERITA LAINNYA