Gawat!!! Petani Riau Marak Jual Lahan ke Investor Luar

Senin, 12 Januari 2015 - 02:51:26 wib | Dibaca: 1889 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru - Beberapa tahun terakhir, banyak para Petani di Provinsi Riau yang menjual lahannnya ke investor luar. Hal ini berdamapak pada hilangnya mata pencarian mereka, lebih miris lagi jika anak cucu meraka kelak tak memiliki lahan untuk berusaha.

"Jika lahan dijual, maka suatu hari kelak mereka atau anak cucunya akan kesulitan mencari nafkah, sebab pondasi ekonomi petani rata-rata berada di sektor pengembangan komoditas pertanian itu," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Drs H Zulher MS, di Pekanbaru, Minggu (11/1/2015).

Berdasarkan laporan dan temuan lapangan yang diterima Zulher, puluhan hektare lahan milik petani telah berpindah tangan ke investor dari luar, maraknya penjualan lahan tersebut, akibat meningkatnya kebutuhan petani baik itu yang produktif maupun yang konsumtif.

"Apalagi, para petani banyak yang menjual lahan karena mereka tergoda dengan harga tinggi yang ditawarkan oleh orang luar tersebut," katanya.

Zulher berpesan kepada para petani agar tidak menjual lahan ataupun kebun yang mereka kuasai kepada pihak luar dan berharap agar para petani tetap mengolah lahan tersebut dengan menanaminya dengan tanaman yang bernilai jual.

Editor Hardi sumber antarariau


Loading...
BERITA LAINNYA