Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon Digelar di Desa Pulau Palas

Senin, 19 Januari 2015 - 11:23:29 wib | Dibaca: 1546 kali 

Gagasanriau.com Tembilahan - Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon 2015 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), dilaksanakan di Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Senin (19/01/2015). Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Zulaikhah Wardan, bekerjasama dengan Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Inhil dalam menyelenggarakan acara ini, acara di awali dengan tepuk tepung tawar oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Inhil Alimuddin RM Kepada Bupati dan Istri.

Tema yang diangkat adalah "Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan Air Dan Energi Terbarukan".

"Gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon merupakan agenda rutin nasional yang telah dicanangkan tahun 2007 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan meluncuran program penanaman 1 milyar pohon," sebut Zulaikhah.

Tim PKK sebagai penyelenggara juga bekerjasama dengan organisasi wanita lainnya serta SKPD terkait, dengan tujuan untuk membangkitkan motivasi dan budaya seluruh masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon, dalam rangka membangun ekosistem hutan guna memperbaiki, merehabilitasi, serta merestorasi hutan dan lahan di seluruh Indonesia.

"Saya berharap GOW dan TP PKK Kecamatan untuk menanam pohon dilingkungan masing-masing dan kepada PKK Kecamatan untuk melaporkan kegiatan kepada Ketua TP PKK kabuapten Inhil," imbaunya

Beliau menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk perhatian kaum perempuan Kabupaten inhil terhadap pentingnya pemeliharaan lingkungan guna mencegah dampak negatif seperti banjir, sulitnya memperoleh air bersih perubahan iklim yang tidak menentu dan lain-lain.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara Peresmian Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) Se-Kecamatan Tembilahan Hulu yang di resmikan langsung oleh Bupati H.M Wardan, turut hadir, Ketua DPRD, Unsur Forkpimda, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan beberapa Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil.

Sebelum menyampaikan sambutan Bupati Inhil terlebih dahulu menyerahkan benih Padi, Jagung dan Kedelai secara simbolis kepada salah seorang perwakilan petani Desa Pulau Palas.

Dalam sambutannya HM.Wardan mengharapkan tidak hanya sekedar seremonial belaka tetapi lebih penting adalah pemeliharaannya, yang pada tahun 2015 di sediakan 3000 batang. Di samping mengahasilkan buah tetapi yang terpenting membuat suasana asri atau hijau di Kabupaten Inhil khususnya Kota Tembilahan.

Usai menyampaikan sambutan Bupati yang diikuti Forkopimda, Ketua DPRD dan beberapa GOW se-Kabupaten Inhil melakukan penanaman pohon di Desa Pulau Palas.

Reporter Ragil Hadiwibowo


Loading...
BERITA LAINNYA