Hore...Tarif Angkutan Umum di Kota Pekanbaru Hari Ini Turun

Kamis, 22 Januari 2015 - 08:18:16 wib | Dibaca: 1792 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru - Warga Pekanbaru akhirnya bisa bernafasa lega, pasalnya tarif angkutan umum mulai hari ini Kamis (22/1/2015) turun. Pemkot Pekanbaru mengatakan pihaknya sudah menetapkan tarif angkutan umum di wilayahnya turun sebesar Rp500. Turunnya tarif adalah efek dari harga BBM bersubsidi yang turun Senin kemaren (19/1/2015).

"Terhitung Kamis tarif oplet, bus dan TMP resmi turun," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkomimfo) Kota Pekanbaru, Syafril, lewat telepon di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan penurunan tarif angkutan ini atas dasar kesepakatan bersama tim dalam rapat yang terdiri dari unsur pemerintah, dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Pekanbaru. Tentunya dengan mempertimbangkan besaran biaya pemilik angkutan dan daya beli masyarakat. "Setelah dihitung kita sepakat tarif turun Rp 500," katanya.

Dengan diturunkannya tarif angkutan umum ini, maka ongkos oplet dan bus bagi umum turun dari Rp3.600 menjadi Rp3.100, pelajar dari Rp2.500 menjadi Rp2.000.

Sementara untuk tarif Trans Metro Pekanbaru (TMP) akan menyesuaikan dari Rp4.000 menjadi Rp3.500.

Berbicara tentang pemberlakuan tarif, katanya, pihaknya sudah menyepakati serentak dimulai pada Kamis (22/1/2015). Meski Surat Keputusan (SK) Walikotanya sedang dalam proses penandatanganan.

Penetapan besaran penurunan tarif ini menurut dia, disesuaikan juga dengan rata-rata penurunan tarif di kota lain. Selain mempertimbangkan biaya "spare parts" angkutan yang terlanjur mahal dan daya beli masyarakat.

Dia juga mengingatkan agar kepada pemilik angkutan umum serta Organda untuk mematuhi aturan yang sudah disepakati bersama ini. Meski jika ada yang tidak memberlakukan pihaknya tidak bisa menetapkan sanksi.

Editor M. Panggabean Sumber antarariau


Loading...
BERITA LAINNYA