Puskesmas 24 Jam di Kota Pekanbaru Dinilai Belum Siap

Jumat, 23 Januari 2015 - 08:55:37 wib | Dibaca: 1805 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru - Program puskesmas 24 Jam yang dicanangkan Pemerintah Kota Pekanbaru, dinilai belum siap, sebab tenaga medis yang diperlukan untuk merealisasikan program tersebut masih kurang.

Hal Ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Drg, Hj. Helda Suryati Munir, M.Kes seusai memantau puskesmas di Jalan delima, Jum'at (23/1/2015).

"Untuk program puskesmas 24 jam secara personal kami belum siap. Tetapi kami akan berusaha semaksimalkan mungkin untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat" Jelas Helda.

Helda juga mengungkapkan bahwa puskesmas itu filosinya sebagai promosi dan preventif (kegiatan meningkatan kualitas dan mencegah  penyimpangan).

Untuk anggaran promosi dan preventif mengahabiskan 70 % dana APBD Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. "Anggaran  untuk Promosi dan preventif saja kita menghabiskan anggaran sekitar 70% anggaran APBD dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru sementara kuratifnya sekitar 30%". Kata Helda.

Ditambahkannya, 70% dana tersebut yaitu untuk sumber daya masyarakat. "70% ini yaitu untuk sumber daya masyarakat seperti perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pemberdayaan posyandu, lansia forum kota sehat dan lainnya," tutupnya.

Reporter Fakhrurazi Ikhsan


Loading...
BERITA LAINNYA