Bupati Pelalawan Resmikan Pembangunan Replika Istana Sayap

Rabu, 04 Februari 2015 - 21:30:19 wib | Dibaca: 1790 kali 

Gagasanriau.com Pelalawan - Pembangunan replika Istana Sayap Pelalawan diresmikan Bupati Pelalawan HM Harris di Kelurahan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan, Selasa (3/2/2015).  Hadir pada pemancangan tiang pembangunan replika Istana Sayap ini, Sulthan Pelalawan Tengku Kamaruddin Haroen, Bupati Pelalawan HM Harris, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Pelalawan Edy Sabli, Forkominda, mantan Bupati Pelalawan Tengku Azmun Jaafar, anggota DPRD Provinsi Zukri.

Dalam sambutannya Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, pembangunan akan dilaksanakn dalam jangka waktu tiga tahun dan menelan biaya sebesar Rp.13 Miliar.

"Pembangunan replika istana sayap ini dengan nilai kontrak Rp.13 milyar untuk tiga tahun anggaran. Pembangunannya terhitung sejak tahun 2014 dan berakhir 2016. Pada tahun 2014 lalu uang muka sudah tersedot 15 persen, Untuk tahun 2015 ini, bakal disedot setara 45 persen dan tahun 2016 finishing 100 persen," kata Haris.

Harris menjelaskan, pembangunan replika Istana Sayap Pelalawan ini tetap dibangun di atas puing bangunan lama.

"Tiga tahun yang lalu, terjadi musibah  istana kebanggaan Pelalawan itu ludes terbakar, hingga meninggalkan gedung sebelah kanan. Dengan rahmat Tuhan Maha Kuasa hari ini kita resmikan proyek perbaikannya dengan sistim Tahun jamak," jelas Harris.

Ia menghimbau kepada masyarakat, agar bersama-sama mendukung program pembangunan wisata. Ini merupakan pembangunan daerah, diaharpkan nantinya tidak ada oknum-oknum yang menghambat segala pembangunan daerah, salah satunya pembangunan replika Istana Sayap ini.

Bila memang pembangunan replika Istana Sayap ini selesai maka nantinya akan menjadi Ikon Pariwisata Pelalawan, selain gelombang Bono yang akan dikelola oleh Pemkab Pelalawan melalui dispora, ungkap Haris.

Sementara ketua LKAM Pelalawan Edi Sabli, dalam sambutannya mengatakan menyambut baik dan gembira dengan dibangunnya kembali replika istana sayap ini oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Menurutnya, kerajaan Pelalawan tercatat salah satu kerajaan di Indonesia.

Lebih lanjut, Edi Sabli berharap pembangunan ini berjalan lancar dan menjadi ikon bagi Pelalawan.

"Berharap dengan pembangunan replika Istana Sayap ini, berjalan lancar hingga terbangun kembali salah satu simbol kerajaan Pelalawan. Dengan terbangunnya kembali, Istana Sayap ini, menjadi salah satu ikon budaya bagi daerah," harap Edi Sabli.

Sulthan Pelalawan, Tengku Kamaruddin Haroen dalam sambutannya menjelaskan sejarah pembangunan Istana Sayap.

"awal mulanya pembangunan Istana Sayap ini dibangun oleh, Said Ali, didekat ujung pantai, kemudian pembangunan dilanjutkan oleh anaknya, Said Saidi Ali, pembangunannya dibangun dua sayap. Satu sayap untuk kerajaan satu lagi menghadap untuk masyarakat," jelasnya.

Menurut Tengku kamaruddin haroen, pembangunan Istana Sayap ini sesuai dengan PP Pemendagri, dimana daerah berkewajiban melestarikan budaya daerah.

"Istana Sayap ini, lambang keluhuran budaya," ungkap Kamaruddin.

Usai, melakukan sambutan, Bupati HM Harris bersama rombong langsung menarik tali, sebagai pertanda dimulai pemancangan pembangunan replika Istana sayap pelalawan.

Bupati Pelalawan Bersama Rombongan Menarik Tali, Tanda Dimulainya Pemancangan Pembangunan Replika Istana Sayap Pelalawan.

Reporter Rommel Sirait


Loading...
BERITA LAINNYA