Sejumlah Tokoh Apresiasi Kinerja Wartawan di Rohil

Jumat, 13 Februari 2015 - 12:10:32 wib | Dibaca: 1769 kali 

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi-Meskipun tidak ada acara yang berarti di Hari Pers Nasional yang ke-69 tahun 2015 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) namun, kinerja insan pers di Negara Republik Indonesia khususnya di Rohil, diapresiasikan oleh sejumlah tokoh pejabat penting yang memimpin di wilayah sebelah barat Provinsi Riau yang berjuluk Negeri Seribu Kubah itu.

Seperti disampaikan Bupati Rohil, H Suyatno AMP kepada gagasanriau.com, selama dirinya terlibat dalam kepemimpinan kepemerintahan di Rohil, dia merasakan pentingnya pers yang sangat membantu daerah dalam penyebaran informasi yang sangat bermanfaat dan sebagai kontrol terhadap aparatur pemerintahan Negara. "Makanya pers itu merupakan jendela untuk melihat dari dalam ke luar dan luar ke dalam," katanya.

Dikatakannya, Rohil sebagai daerah yang terus mengalami perkembangan dan tujuan wisatanya juga banyak yang harus dikembangkan, membutuhkan peran wartawan dalam mempromosikan potensi yang ada di daerah. Sehingga masyarakat luar banyak mengkonsumsi informasi tentang daerah, setidaknya informasi awal. "Banyak yang menjadi perhatian dunia luar akibat peran pers. Karena informasi awal dari pers, baik cetak, elektronik dan online," ujarnya.

Senada dengan Bupati Rohil, Suyatno, Dandim 0303 Bengkalis melalui Danramil 03 Bagan Sinembah, Kapten Inf Syahnan berharap, melalui peringatan HPN 2015, wartawan lebih transparan, lebih terbuka sehingga komunikasi dengan aparat keamanan juga semakin baik di samping pemberitaan media bisa menjadi wadah yang memberikan ketenangan kepada masyarakat.

Menurutnya, wartawan juga dimonya bisa semakin proaktif ke lapangan melihat kondisi masyarakat demi menyerap aspirasi masyarakat. "Program daerah dan kegiatan yang dilakukan TNI bisa dikemas sehingga masyarakat lebih dekat dengan aparat keamanan termasuk media,"kata Syahnan.

Dandim juga berharap adanya komunikasi dengan aparat keamanan dan pemerintah daerah, meski selama ini dinilai cukup baik. "Yang perlu ditingkatkan komunikasi lebih intens, setidaknya ada perkumpulan dengan forum komunikasi pimpinan daerah untuk menjawab persoalan di wilayah masing-masing. Pers melihat dan dan ekspos sehingga kedepannya Rohil lebih dikenal orang,"ujarnya.

Demikian juga kata Kapolres Rohil, AKBP Subiantoro SH Sik. Menurutnya, selain wartawan merupakan pilar keempat di Negara, wartawan juga bisa memberikan masukan kepada lembaga Aparatur Negara yakni Polri selaku penegakan hukum. "Mitra Polri, yang aktif membantu Polri,"katanya.

"Kita juga meminta agar rekan rekan wartawan didalam pemberitaan bersifat independen dan mematuhi kode etik demi tegaknya penegakan hukum. Dengan demikian, wartawan tidak menimbulkan opini ataupun fitnah terlebih terkait dengan masalah hukum.

Reporter Hermansyah


Loading...
BERITA LAINNYA