Pemdes Bagan Bagan Batu Gelar Pekan Bakti Gotong Royong, Masyarakat Antusias Ikut Terlibat

Jumat, 27 Februari 2015 - 04:56:23 wib | Dibaca: 1698 kali 

Gagasanriau.com Bagan Sinembah-Guna membangkitkan kembali semangat kerja sama antar instansi, Desa Bagan Batu, Bagan Sinembah, Rokan Hilir (Rohil), menggelar Pekan Bakti Gotong Royong yang juga sudah menjadi Program Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Bagan Sinembah.

Kegiatan bakti sosial yang bertemakan "Sambil bergotong royong, kita eratkan persaudaraan untuk Bagan Batu yang lebih maju" itu, melibatkan seluruh unsur pimpinan kecamatan (Upika) dan ratusan masyarakat serta pelajar yang dipusatkan di jalan Sukaramai, jalan Sultan Syarif Kasim, jalan Tuanku Tambusai dan jalan Tukul, pada Jumat, (27/2) pagi dengan membersihkan parit drainase dan lingkungan sekitar rumah warga serta semak belukar yang sudah membuat badan jalan sempit.

Dalam kegiatan itu, antusiasme masyarakat yang terlibat dalam gotong royong itu, terlihat sangat luar biasa. Sebab, yang terlibat dalam kegiatan itu, bukan hanya kaum pria, bahkan kaum ibu pun turut ikut membersihkan parit jalan tersumbat dan disaksikan langsung oleh Camat Bagan Sinembah H M Nasir, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Dody Harza Kusumah SH SIK yang diwakili Wakapolsek, AKP H Kamaluddin Tambak SH bersama puluhan personilnya.

Tidak hanya itu, Danramil 08/BS, Kapten Inf Syahnan bersama puluhan anggotanya, kepala UPT Dinas Pasar, H Julkifli SPd bersama stafnya, penghulu Bagan Batu, Drs H Mukhtar Waslin, BPK, Kepala Dusun, RT, RW, Anggota SPSI, Pelajar, para pendeta, pengusaha, membuat masyarakat semakin semangat dalam bergotong royong.

Salah satu warga yang turut serta dalam kegiatan itu mengapresiasikan kegiatan itu. Menurutnya, kegiatan sepperti ini diharapkan terus ditingkatkan dan tidak hanya untuk kali ini. "Kita ucapkan terimakasih kepada penghulu yang sudah menggagas kegiatan ini, sehingga masyarakat sangat antusias dalam bergotong royong," ujar Sitompul kepada wartawan, disela sela kegiatan itu.

Sementara itu, Kepala Desa Bagan Batu, Drs H Mukhtar Waslin mengaku sangat puas akan kekompakan yang ditunjukkan oleh masyarakat dalam bergotong royong, dan kehadiran UPIKA juga menjadi salah satu penyemangat masyarakat untuk membersihkan lungkungannya. "Jelas kita sangat puas, saat ini, semua parit drainase sudah bersih, dan air limbah rumah tangga tidak akan ada lagi yang kejalan dan lingkungan sekitar rumah warga juga sudah bersih," jelas Waslin.

Waslin menambahkan, kegiatan gotong royong ini kedepan akan terus dibudayakan, sehingga tidak adalagi lingkungan masyarakat yang tidak bersih." Kedepan ini menjadi agenda rutin setiap dusun di kepenghuluan Bagan Batu," terang Waslin lagi.

Masih kata Waslin, kegiatan gotong royong ini adalah budaya lama yang hampir punah, sementara kegiatan gotong royong tersebut adalah merupakan salah satu cara mempererat persaudaraan diantara sesama masyarakat," ujarnya.

"Selain mencintai lingkungan yang bersih dan sehat, ini juga cara ampuh untuk mempererat persaudaraan, sehingga saya yakin kedepan Bagan Batu akan lebih maju lagi," tukasnya.

Reporter Hermansyah


Loading...
BERITA LAINNYA