UPTD Puskesmas Bagan Batu Himbau Masyarakat Jaga Kesehatan

Senin, 23 Maret 2015 - 05:39:10 wib | Dibaca: 2565 kali 

Gagasanriau.com Bagan Sinembah—Musim yang suhu panasnya tidak menentu atau Fluktuasi Cuaca yang terjadi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan Kecamatan Bagan Sinembah khususnya, bisa mengakibatkan penyakit ringan namun bisa menjadi berat mengancam kondisi tubuh manusia.

Maka dari itu, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati terhadap ancaman gangguan kesehatan yang diakibatkan cuaca tak menentu itu. Sebab, terkadang panas siang hari di Bagan Sinembah bisa mencapai 35 derajat celcius membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga akan mudah terserang penyakit.

"Jika anda tidak mengkonsumsi air minum yang cukup maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Karena diketahui, saat anda merasa haus, sebenarnya anda sudah mengalami dehidrasi ringan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat, (Puskesmas) Bagan Batu, dr Josafat R Silalahi kepada gagasanriau.com, Senin (23/3) di Bagan Sinembah.

Dikatakan, di tengah masyarakat terdapat kelompok yang memang rentan akan perubahan cuaca. Wanita yang hamil, sedang menyusui, perempuan usia lanjut, anak-anak dan bayi. "Selain itu, mereka yang mengidap penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung dan sebagainya juga termasuk rentan," jelasnya.

Kendati demikian, dirinya menyarankan kepada masyarakat agar dapat melakukan pencegahan dengan menghindari interaksi langsung dengan cuaca panas. Jika tidak bisa dihindari gunakanlah pelindung seperti payung, topi apabila ingin keluar rumah. "Itu kita himbau supaya kondisi tubuh kita terus fit dan kesehatan kita juga terus terjaga," ucapnya.

Reporter Hermansyah


Loading...
BERITA LAINNYA