HM Wardan Komit Kembalikan Inhil Penyumbang Beras Terbesar Riau

Selasa, 27 Januari 2015 - 14:02:18 wib | Dibaca: 1850 kali 

Gagasanriau.com Tembilahan-Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan berkomitmen untuk mengembalikan daerah yang juga dikenal dengan sebutan Negeri Seribu Parit ini sebagai penyumbang beras terbesar di Provinsi Riau.

Komitmen tersebut disampaikannya terkait dengan kondisi pertanian di Kabupaten Inhil.Dimana, pasokan padi terus mengalami penurunan dikarenakan alih fungsi lahan.

Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus untuk mengembalikan kejayaan daerah dengan hamparan perkebunan kelapa terluas di dunia ini, sehingga kembali menjadi pemasok beras terbesar di Provinsi Riau.

"Kita dari Pemkab akan menyediakan alat dan mesin pertanian untuk petani, dengan harapan bisa menunjang dan memudahkan dalam pekerjaan menghasilkan padi yang baik dan berkualitas," tutur Bupati Wardan.

Apalagi, lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini, masih ada ribuan hektar lahan pertanian yang tidak dan belum tergarap dengan baik dan maksimal terutama untuk ditanami padi.

"Saya tetap menekankan, jangan lakukan alih fungsi lahan.Untuk mendukung itu, kita telah berikan alat dan mesin pertanian, kita harapkan itu dimanfaatkan dengan baik," tambahnya.

Dijelaskan Bupati, apabila lahan pertanian dikelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan Kabupaten Inhil bisa kembali menjadi penyumbang beras nomor 1 di Provinsi Riau dan bahkan di Pulau Sumatera.

"Saya harapkan, ke depan pihak terkait dapat lebih fokus mengatasi persoalan ini, dengan membuat perencanaan untuk mengelola lahan luas yang kita miliki saat ini," imbuhnya.

Humas/Ragil Hadiwibowo


Loading...
BERITA LAINNYA