Jembatan Darurat di Perbatasan Riau-Sumut Kian Memprihatinkan

Selasa, 21 April 2015 - 09:10:08 wib | Dibaca: 2367 kali 

Gagasanriau.com Bagan Sinembah-Jembatan penghubung antara dua Desa dari dua propinsi yang berbeda masing menghubungkan antara Lantosan dusun Teladan Jaya, Bagan Batu, Bagan Sinembah, Rokan Hilir (Rohil) dengan Bagan Sari, Sungai Meranti, Torgamba, Labuhan Batu Selatan (Labusel) Sumatera Utara (Sumut), benar-benar sangat memprihatinkan.

Pasalnya jembatan yang terbuat dari kayu tersebut, sudah lapuk sehingga dikhawatirkan roboh serta akan membahayakan pengguna jalan yang melalui jembatan tersebut.

"Jembatan ini merupakan perlintasan warga yang menuju ke arah Bagan Batu serta sebaliknya yang menuju ke arah kebun PTP ke arah desa meranti, ini merupakan jalur alternatif yang ramai dilalui warga, "kata Budi warga Lantosan kepada gagasanriau.com, Selasa 21/4 di Bagan Sinembah.

Dikisahkan Budi sebelumnya, bahwa jembatan yang terbuat dari kayu ini sempat roboh setelah beberapa truk pengangkut batu padas dan pasir melalui jembatan ini,

"Saat itu kami sempat melarang supir truk pengangkut pasir serta batu itu agar jangan melewatinya ( jembatan.red) tapi mereka membandel dan memaksakan diri melaluinya sehingga ambrol jembatannya dan salah truk pengangkut pasir tersebut tercebur ke sungai ini, setelah kejadian itu kami bergotong royong memperbaiki jembatan ini, lumayanlah masih dilalui sepeda motor tapi ya seperti ini kondisinya semua serba darurat, "papar Budi.

Oleh karenanya kata Budi, melihat kondisi jembatan yang sudah darurat seperti itu, dirinya mengharapkan agar ada pihak bersedia yang membantu memperbaiki. "Sebelumnya pihak PTPN 3 SEI Meranti pernah menawarkan besi H untuk memperbaiki jembatan ini, kami hanya diminta untuk mengambilnya sendiri, tapi karena nggak ada kenderaan yang mengangkutnya, kami belum bisa mengambilnya hingga hari ini bahkan sampai besi H yang ditawarkan hilang, "ungkapnya.

Sementara dilain tempat, Kepala Desa Bagan Batu, Drs. Mukhtar Waslin ketika meninjau jembatan darurat tersebut mengatakan bahwa, pihaknya akan segera mengupayakan bantuannya untuk perbaikan jembatan.

"Kami akan segera mencarikan solusinya agar jembatan ini bisa segera diperbaikinya, kalau kemarin masalahnya gak ada mobil yang nyangkut, kan warga bisa menghubungi kami agar kita upayakan untuk pengangkatannya, lain kalau ada lagi tawaran seperti itu lagi langsung kontak kami aja pak, biar kami yang mengusahakan pengangkutannya," pesannya kepada salah seorang warga yang mendampinginya saat peninjauan tersebut.

Reporter Hermansyah Editor Brury MP


Loading...
BERITA LAINNYA