Dispar Riau Akan Sulap Bandar Serai Jadi Kampong Melayu

Selasa, 05 Mei 2015 - 03:52:03 wib | Dibaca: 1867 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru- Kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji (Serai) selama ini terkesan terabaikan. Beberapa sarana dan prasana yang ada dikawasan tersebut, banyak mengalami kerusakan akibat tak terurus.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Raja Fahmizal Usman mengatakan, pihaknya sudah memiliki rencana besar untuk pengembangan kawasan tersebut.

Fahmi berencana menyulap Bandar Serai purna MTQ ini menjadi kampung melayu."Target kami memang ingin menjadikan Bandar Serai sebagai kampung melayu. Kawasan ini akan kami tata ulang, sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Pekanbaru nantinya," ujar Fahmi.

Menurut Fahmi, keberadaan rumah adat dan gedung teather Idrus Tintin menjadi modal awal untuk pengembangan kawasan ini.

"Disana sudah ada anjungan rumah adat dari Kabupaten dan Kota, sudah ada gedung teater, tinggal kita tata lagi kawasan ini supaya menarik untuk dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan," tuturnya.

Tak hanya rumah adat, kawasan ini nantinya juga terdapat pusat kuliner khas melayu.

"Jadi, tidak hanya kumpulan rumah adat saja, tetapi juga pusat kuliner khas melayu juga ada disini nantinya,"tukas Fahmi.

Menurut Fahmi, keberadaan kampung melayu ini nantinya juga diharapkan dapat mempertegas kebesaran kebudayaan melayu.

"Selain jadi objek wisata baru, Kampung Melayu ini tentu akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat melayu Riau," tuturnya.

Reporter Dian Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA