Ribuan Siswa Se-Kecamatan Bengkalis, Ikuti Perlombaan Pawai

Sabtu, 09 Mei 2015 - 11:36:56 wib | Dibaca: 1427 kali 

Gagasanriau.com Bengkalis – Ribuan siswa dari Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Bengkalis, Sabtu (9/5) pagi mengikuti perlombaan pawai. Pawai tersebut ditaja sempena pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kecamatan Bengkalis 2015.

Pelepasan pawai yang diperlombakan antar gugus sekolah yang berlangsung meriah dan mendapat sambutan hangat warga Kota Bengkalis itu, dilaksanakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis diwakili Kepala Bidang Pendidikan SD-SMP Yusri Achmad.

Turut mendampingi Yusri Ahmad melepas pawai yang dipusatkan di Jalan Pattimura dan mengambil rute sejumlah ruas jalan di Kota Bengkalis itu, diantaranya Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bengkalis Muhammad Siddik, dan Ketua Pelaksana O2SN dan FLS2N tingkat Kecamatan Bengkalis 2015 Syamsul Bahari.

Syamsul Bahari menjelaskan, meskipun secara nasional hanya ada 13 cabang yang dipertangdingkan/perlombakan, namun di kegiatan O2SN dan FLS2N tingkat kecamatan Bengkalis 2015 yang dipertangdingkan/perlombakan ada 17 cabang. Sementara jumlah peserta yang mengikutinya sebanyak 1.037 atlit dari 60 SD se-Kecamatan.

“Untuk 02SN yang diperlombakan sebanyak 10 cabang dengan peserta 731 orang. Sedangkan untuk FLS2N sebanyak 7 cabang dengan peserta 306 orang,” jelas Syamsul Bahari, seraya mengatakan kedua kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, dari 9 sampai 11 Mei 2015.

Adapun ke-10 cabang yang dipertandingkan untuk O2SN, katanya, sepak bola, bola voli, sepak takraw, bulu tangkis, atletik, tenis meja, catur, karate, silat dan senam. Sementara 7 cabang untuk FLS2N adalah tari kreasi, langgam Melayu, pidato, cerita bergambar, anyaman, puisi dan pantomin.

Masih kata Syamsul Bahri, adapun 4 cabang O2SN dan FLS2N yang di tingkat nasional tidak dipertandingkan, namun untuk tingkat Kecamatan Bengkalis tetap diperlombakan adalah sepak bola, bola voli, puisi dan pidato.

“Tetap dipertandingkannya keempat cabang itu, menurut Syamsul Bahari, sebagai salah satu upaya untuk memberikan ruang dan menggali minat dan bakat siswa-siswi SD di kecamatan ini. Peminat untuk keempat cabang ini sangat banyak, makanya tetap dipertandingkan,” jelasnya.

Syamsul Bahari juga menjelaskan, pada O2SN dan FLS2N tingkat Kecamatan Bengkalis 2015 ini juga ada 2 cabang yang tidak dipertandingkan, meskipun di tingkat nasional keduanya diperlombakan. Kedua cabang tersebut adalah tenis lapangan dan renang.

“Karena berbagai alasan, pada O2SN dan FLS2N 2015 ini kedua cabang tersebut memang belum bisa dilaksanakan. Insya Allah pada kegiatan serupa tahun 2016, cabang tenis lapangan dan renang akan dipertandingkan,” janji Syamsul Bahari, tanpa merinci alas an dimaksud.

Syamsul Bahri juga menjelaskan, total biaya yang digunakan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp. 48 juta. Rinciannya, untuk O2SN Rp. 25 juta, FLS2N Rp. 15 juta, dan pelaksanaan pawai dan acara pembukaan Rp. 8 juta.

“Sumber dana kegiatan O2SN dan FLS2N Kecamatan Bengkalis 2015 ini murni dari iuran Kepala SD se-Kecamatan Bengkalis sebanyak 60 sekolah,” ungkap Syamsul Bahari dalam laporannya saat acara pembukaan.

Sementara itu, saat membuka secara resmi kegiatan yang dipusatkan di SD Kompeks Kecamatan Bengkalis itu, Kepala Bidang Pendidikan SD-SMP Dinas Pendidikan Bengkalis Yusri Achmad, menyambut baik diselenggarakannya kegiatan O2SN dan FLS2N tersebut.

“Saya yakin, melalui O2SN dan FLS2N akan muncul siswa-siswi yang unggul dan kreatif yang akan mengharumkan nama Kecamatan Bengkalis pada kegiatan serupa, baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan,” harap Yusri.

Reporter Mirzal Apriliando Editor Brury MP


Loading...
BERITA LAINNYA