Bimbingan Manasik Haji 1436 H Dibuka Oleh Bupati Rohil

Rabu, 29 Juli 2015 - 12:34:59 wib | Dibaca: 1804 kali 

GagasanRiau.COm Bagansiapiapi - Bimbingan Manasik Haji 1436 H/2015 dibuka langsung oleh Bupati Rohil Suyatno dimana bimbingan itu diikuti 311 Calon Jemaah Haji (CJH). Dan dalam bimbingan yang disampaikan materinya adalah,kebijakan pemerintah, ilmu manasik dan pengetahuan kesehatan.

Pembukaan bimbingan dilakukan Rabu (29/7/15) di gedung serbaguna Bagansiapiapi, CJH terlihat antusias mendengarkan pengarahan Bupati Suyatno.

Usai membuka secara resmi, Bupati Suyatno berharap CJH senantiasa menjaga kesehatan, mengurangi keluar rumah dan perbanyak membaca pelajaran ibadah haji.

Suyatno menekankan, pelayanan yang diberikan panitia kepada CJH setiap tahun harus meningkat, sehingga petugas yang telah diberi kepercayaan, untuk melaksanakan sebaik-baiknya.

“Apalagi orang tua-tua kita ini banyak yang usia tua, ya, ini selalu kita kontrol, melalui pak camat, apabila ada jemaah calon haji kita sedikit sakit, segera dibawa ke puskesmas-puskesmas,” tegas Suyatno.

Sementara itu, Agustiar, Kepala Kantor Kementrian Agama Rohil mengatakan, materi bimbingan manasik haji, mulai kebijakan pemerintah, termasuk hak dan kewajiban CJH, baik di Embarkasi Batam, Madinah, Jeddah dan Mekkah.

Materi lain, ilmu manasik, sebagai pedoman buat calon jemaah haji, baik tata cara, rukun haji, wajib haji, syarat haji, itu harus terpenuhi.

“Nah, pada kesempatan inilah mereka, diberikan ilmu-ilmu itu, sehingga mereka punya bekal, sehingga apa yang jadi keinginan pemerintah, jadi haji yang mandiri, bisa terealisasi sebaik-baiknya,” kata Agustiar.

Materi kesehatan tambah Agustiar juga diberikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir.

Terkait gambaran kloter, sampai saat ini belum jelas, namun berdasarkan rencana pemberangkatan jemaah haji Indonesia, mulai 21 Agustus - 3 September 2015, merupakan kloter pertama.

“Sekarang kita masih menunggu tahap pelunasan terakhir, Insya pada tanggal 31 Juli nanti, kita akan mendapatkan data keseluruhan,” jelas Agustiar.

Advertorial/Herman


Loading...
BERITA LAINNYA