Perkebunan Sawit dan HTI di Riau Sebab Utama Terjadinya Karhutla

Ahad, 24 April 2016 - 16:53:09 wib | Dibaca: 4041 kali 
Perkebunan Sawit dan HTI di Riau Sebab Utama Terjadinya Karhutla
Woro Supartinah Koordinator Jikalahari

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Keberadaan Hutan Tanaman Industri (HTI) dan perusahaan perkebunan sawit di Provinsi Riau terutama di lahan gambut menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran hutan dan lahan selama ini.

Dan untuk perlu dilakukan evaluasi izin yang sudah diberikan bahkan kebijakan untuk menghentikan pemberiaan izin kepada perusahaan perkebunan maupun HTI.

Demikian disampaikan oleh Woro Supartinah Koordinator Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) kepada GagasanRiau.Com (22/4/2016).

"Hal ini menunjukkan bahwa Karhutla masih menjadi ancaman sekaligus potensi ancaman jika langkah-langkah yang terukur dan nyata tidak digesakan. Hasil pantauan Jikalahari masih menunjukkan pola yang berulang keberadaan hotspots. Terutama di gambut dalam dan di konsesi HTI dan juga sawit"papar Woro.

Untuk itu tambah Woro solusinya tidak hanya bicara pemadaman tapi juga harus lebih menitikberatkan pada pencegahan. Penanganan mengacu pada hukum atas kasus-kasus Karhutla oleh koorporasi mestinya juga mendesak.

"Pelaksanaan Pergub no. 5 tahun 2015, dan juga harus dilakukan evaluasi izin-izin yang sudah diberikan serta monitoring izin"tukas Woro.

Reporter Neldi Syahputra


Loading...
BERITA LAINNYA