Ketahui Jenis-jenis Credit Card Sebelum Membuatnya

Senin, 23 Mei 2016 - 18:04:44 wib | Dibaca: 3115 kali 
Ketahui Jenis-jenis Credit Card Sebelum Membuatnya

Jika kamu merupakan orang yang berkepribadian dinamis dan tak mau repot tentunya sangat up to date terhadap penggunaan beberapa alat yang sudah menerapkan kecanggihan teknologi. Seperti misalnya dalam hal pembayaran. Sekarang ini untuk membeli apapun tak harus dengan uang secara tunai, melainkan bisa dilakukan secara kredit. Kredit inipun bukan membayar secara mengangsurnya melainkan lebih kepada sebuah alat yang bisa dijadikan sebagai mesin transaksi. Sebut saja kartu pembayaran atau credit card. Tentunya sudah banyak diantara Anda yang tak asing dengan alat ini bukan.

Credit card sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan menggunakan sebuah alat berhutang. Namun hutang hanya kepada lembaga penerbitnya yaitu bank. Hampir semua bank menawarkan pembuatan kartu kredit terbaik  seperti  kartu kredit bca yang mengeluarkan versi platinum label nya mereka, mulai dari yang skalanya hanya lokal hingga yang sudah internasional. Satu keuntungan menggunakan alat pembayaran tersebut adalah kamu tak perlu lagi takut akan tingkat keamanan, mengingat jika hal-hal yang tak diinginkan terjadi, seperti misalnya kehilangan atau semacamnya, maka tak ada uang yang ikut hilang jika kamu secara langsung melakukan pemblokiran.

Alat yang satu ini juga cukup praktis, karena tanpa membawa banyak uang segala macam barang yang Anda inginkan bisa dibeli. Tak perlu repot bahkan memakan banyak tenaga. Namun mungkin banyak diantara Anda yang masih bingung mengenai sistem kerja dari benda tersebut. Umumnya kartu pembayaran tersebut hadir dengan beberapa jenis dan limit yang ada di dalamnya. Tak semua tempat juga mau menerima pembayaran menggunakan benda tersebut, melainkan hanya beberapa toko atau mungkin pusat perbelanjaan yang bekerjasama dengan bank bersangkutan.

Beberapa yang mengetahui nilai lebih atau keuntungan menggunakan benda ini tak segan untuk membuat banyak di berbagai bank, mengingat hal-hal seperti cashback, hadiah bahkan potongan harga bisa kamu dapatkan dengan sering membayar menggunakan credit card. Kartu ini sendiri terbagi atas beberapa jenis, berdasarkan:

 

1.Limitnya, dikenal juga dengan isi atau nilai yang ada di dalamnya, sama halnya dengan dompet maka kemampuan membawa uang juga hanya beberapa. Kartu dengan limit berbeda biasanya juga memiliki nama yang berbeda pula, misalkan saja adalah yang paling rendah classic, namun juga ada gold, platinum hingga infinite dengan jumlah yang tak terbatas.

2. Berdasarkan wilayah berlakunya, credit card ternyata juga dikelompokkan berdasarkan wilayah berlaku, di Indonesia atau bahkan di dunia hanya ada2 jenis yaitu nasional dengan internasional. Bagi yang sering bepergian ke luar negeri alangkah baiknya untuk menggunakan credit card internasional agar memudahkan dalam melakukan pembayaran, karena secara otomatis jenis mata uang juga akan menyesuaikan dengan daerah yang berlaku.

3.Berdasarkan afiliasinya, afiliasi sendiri berarti kerjasama antar bank, ada credit card yang memang hanya bisa digunakan untuk satu bank saja, namun juga ada yang dapat digunakan di berbagai bank yang terkait dengan kerjasama tersebut. Jenis yang satu ini biasanya terbagi lagi atas 2 yaitu co-branding card dan juga affinity card.

Bagi yang ingin membuatnya tinggal pilih saja berdasarkan dengan kemampuan dan kebutuhan, karena bagaimanapun tak sembarangan orang yang bisa mengajukan pembuatannya.

Kartu kredit memudahkan segala macam transaksimu dengan pembayaran hanya sekali saja dalam sebulan sesuai dengan jumlah tagihan ditambah dengan nilai bunga, namun jangan khawatir karena bagaimanapun Anda bisa memilih mana kiranya lembaga yang menawarkan kartu kredit dengan bunga yang rendah.


Loading...
BERITA LAINNYA