PLN Kembali Kumat, Masyarakat Pekanbaru Akan Mengalami Pemadaman 3 Kali Sehari

Senin, 23 Mei 2016 - 20:50:38 wib | Dibaca: 3390 kali 
PLN Kembali Kumat, Masyarakat Pekanbaru Akan Mengalami Pemadaman 3 Kali Sehari

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Memasuki bulan Ramadhan masyarakat Pekanbaru akan kembali dihadapkan pada persoalaan listrik. Pasalnya Perusahaan Listrik Negara area Kota Pekanbaru menginformasikannya bahwa pihaknya akan melakukan pemadaman bergilir selama seminggu, yang sudah dimulai sejak Sabtu (21/5) hingga Jumat (27/5) mendatang. Dengan durasi pemadaman tak tanggung-tanggung 3 kali sehari.
    
Pihak PLN Rayon Pekanbaru berdalih untuk pemeliharaan seperti tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, hal ini bukan bahasa yang baru dilontarkan oleh perusahaan miliki negara tersebut sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Untuk melakukan pemeliharaan rutinitas pada gardu induk, maka kami terpaksa mematikan listrik secara bergilir, dan pemeliharaan kali ini sudah sampai pada tahap total," ujar Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi PLN Area Pekanbaru, Al Azhar, di Pekanbaru, Senin dirilis dari antarariau.

Seperti diinformasikannya, saat ini PLN Area Pekanbaru sedang melakukan pemeliharaan gardu induk yang berada di Teluk Lembu, sehingga menyebabkan pemadaman bergilir dari Sabtu (21/5) hingga Jumat (27/5) mendatang.

"Sehubungan dengan adanya pemeliharaan pembangkit, yang mengharuskan dilakukan pengurangan atau manajemen beban, maka mengharuskan kami untuk melakukan pemadaman bergilir mulai 21 - 27 Mei 2016 mendatang,"

Lebih lanjut dikatakan Azhar, jika tidak dilakukan pemeliharaan pada gardu induk tersebut akan bisa mengakibatkan kerusakan yang parah, bahkan bisa sampai terbakar. Kemudian selain itu, PLN area Pekanbaru juga pemeliharaan jaringan tegangan menengah 20.000 volt.

"Untuk pemeliharaan total memang harus kita lakukan pemadaman listrik, karena jika tidak bisa membahayakan teknisi yang bekerja. Pemelihataan yang tengah dilakukan seperti isolator, travo, connecting jaringan, pengecekan minyak travo, dan lain sebagainya," ucapnya.  

Sedangkan untuk tingkat pemeliharaan itu sendiri juga ada beberapa macam, seperti P1, P2 bahkan sampai pemeliharaan total. Selain itu minyak travo harus sering-sering dicek, karena kapasitasnya dan tidak boleh kurang. "Karena jika kurang juga bisa menyebabkan kerusakan pada gardu induk," sebutnya.

Kemudian sekali pemadaman akan terjadi selama dua jam, sedangkan jadwal pemadaman terbagi tiga bagian, pada pukul 17.00-19.00 WIB, pukul 19.00-21.00 WIB, dan pukul 21.00-23.00.

Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA