Puluhan Warga Bangko, Rohil Terpaksa Mengungsi Karena Kabut Asap

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 06:49:57 wib | Dibaca: 2642 kali 
Puluhan Warga Bangko, Rohil Terpaksa Mengungsi Karena Kabut Asap
Warga Bangko yang mengungsi karena kabut asap

GagasanRiau.Com Rokan Hilir - Sebanyak 63 warga Kampung Medan, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, terpaksa mengungsi akibat kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi disejumlah kecamatan di daerah itu.

"Sampai hari ini sudah 63 warga dari 13 KK di Kampung Medan Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko mengungsi di tenda yang telah kami siapkan," kata Kepala Dinas Sosial Rohil Misnawati kepada wartawan di Bagansiapiapi, Jumat.

Dia menegaskan warga setempat mengaku sudah tidak tahan lagi dengan kabut asap akibat bencana karlahut yang melanda didaerahnya.

Selain menyiapkan tenda bagi para pengungsi pihaknya juga memberikan bantuan berupa makanan dan minuman, sekaligus pendamping psikologis serta kebutuhan penting lainnya.

"Intinya kami setiap hari menyiapkan makanan sebanyak 550 bungkus ditambah minuman mineral 70 kotak untuk kebutuhan pengungsi dan petugas TNI/Polri yang bertugas melakukan pemadaman titik api," kata Misnawati.

Dia menuturkan kondisi para pengungsi sampai saat ini dalam keadaan baik dan belum ada ditemukan gangguan kesehatan seperti sesak nafas dan lain sebagainya.

Sementara untuk tanggap darurat kabut asap akan dimulai pada tanggal 6 september 2016 mendatang.

"Bupati menginstruksikan darurat kabut asap akan diberlakukan tanggal 6 September mendatang. Untuk itu bagi warga yang daerahnya terjadi bencana karlahut dan menimbulkan kabut asap diminta untuk mengungsi ketempat yang lebih aman agar kesehatan tetap terjaga," katanya mengingatkan.**/ANT
 


Loading...
BERITA LAINNYA