KPU Riau Ogah Berikan Data Kekayaan Cagubri-Cawagubri

Senin, 19 Agustus 2013 - 05:14:49 wib | Dibaca: 2029 kali 

[caption id="attachment_4078" align="alignleft" width="300"]Asmuni Hasmy Ketua Pokja Pemilukada Gubri-Wagubri . gagasanriau.com Asmuni Hasmy Ketua Pokja Pemilukada Gubri-Wagubri . gagasanriau.com[/caption]

gagasanriau.com ,Pekanbaru-Daftar kekayaan calon gubernur Riau yang sudah diserahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada KPU Riau pada akhir bulan Juli KPU Riau ngotot enggan memberikan data tersebut kepada media massa.

Alasan yang disampaikan oleh Asmuni Hasmy kepada gagasanriau.com data tersebut belum lengkap dan ia harus meminta izin yang bersangkutan dahulu. Asmuni Hasmy sendiri adalah Ketua Pokja Pemilukada Gubri-Wagubri September mendatang dan juga anggota KPU Riau.

“Ya saya harus meminta izin dahulu kepada calon yang bersangkutan apakah yang bersangkutan bersedia apa tidak? Walaupun KPK sudah serahkan sama kita”alasannya.

Namun keterangan yang disampaikan oleh Johan Budi SP Juru Bicara KPK kepada gagasanriau.com hari ini Senin 19/8/2013 daftar harta kekayaan lima pasang calon gubernur Riau tersebut sudah diserahkan KPK ke KPU Riau.

“Sudah, udah kita serahkan ke KPUD Riau, semua calon gubernur yang maju karena itu salah satu syarat bagi mereka calon yang maju”ungkapnya melalui telepon genggamnya.

Johan Budi juga menambahkan bahwa diseluruh pemilihan kepala daerah di Indonesia selalu diumumkan daftar harta kekayaan calon kepala daerah yang akan maju.

“Sepanjang pengetahuan saya ya di umumkan, disetiap pilkada yang ada di Indonesia entah kalau di Riau”ungkapnya.

Ketika ditanyakan terkait apakah boleh di umumkan atau tidak daftar harta kekayaan pasangan calon gubernur Riau dan calon wakil gubernur, Johan Budi mengatakan bahwa kewenangan tersebut ada di KPUD masing-masing.

Ady Kuswanto


Loading...
BERITA LAINNYA