Menantu Firdaus Ini Disarankan Desak Mertuanya Tingkatkan Anggaran Penanganan Karhutla

Rabu, 11 September 2019 - 20:07:03 wib | Dibaca: 4035 kali 
Menantu Firdaus Ini Disarankan Desak Mertuanya Tingkatkan Anggaran Penanganan Karhutla
Neldi Saputra, Ketua DPC- Repdem Kota Pekanbaru

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Neldi Saputra, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Relawan Perjuangan Demokrasi (DPC- Repdem) Kota Pekanbaru menyarankan Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ginda Burnama untuk mendesak Wali Kota Pekanbaru fokus meningkatkan anggaran Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).
 
Hal itu ia sampaikan sehubungan dengan pernyataan Ginda Burnama terkait dirinya mendukung menggugat Gubernur Riau dan Presiden soal penanganan asap beracun Karhutla di Provinsi Riau ini.
 
Karena tegasnya, persoalan asap bukan soal gugat-menguggat saja. Namun katanya soal kebijakan hukum dan politik mencabut dan menghukum korporasi pembakar hutan dan lahan di Riau. "Harusnya itu yang jadi fokus" ujar dia Rabu malam (11/9/2019). Selain itu tambah dia, juga kebijakan anggaran agar pro lingkungan yang sehat untuk rakyat.
 
"Harusnya, dia sebagai wakil rakyat memerintahkan mertuanya selaku Wali Kota Pekanbaru menghukum lahan-lahan di sekitar Pekanbaru yang terbakar" tegas Neldi.
 
Neldi juga menyarankan, agar politisi Gerindra Pekanbaru yang baru menjabat wakil rakyat di legislatif berjuang membuat anggaran yang pro rakyat dalam menanggulangi Karhutla.
 
"Desak mertuanya untuk meningkatkan anggaran kesehatan bagi masyarakat Pekanbaru yang terkena ISPA" saran dia.
 
Dan saran Neldi lagi, hendaknya Ginda selaku politisi partai Gerindra menyuarakan kepada Ketua Umumnya, Prabowo Subianto membuat kebijakan politik supaya perusahaan-perusahan lahannya terbakar di proses hukum.
 
Repdem selaku organisasi sayap PDI Perjuangan, tegas Neldi juga punya komitmen yang sama agar perusahan-perusahaan pembakar lahan atau lahannya terbakar dicabut izinnya.
 
"Kami meminta agar Presiden Jokowi memproses hukum dan  dipidanakan (perusahan lahannya terbakar), karena ini negara hukum harus tunduk pada peraturan dan hukum yang berlaku di negara ini" tegasnya.
 
Neldi juga menyayangkan adanya oknum-oknum yang mempolitisir soal Karhutla ini dan mengaburkan pokok persoalaannya.
 
Hendaknya saran Neldi, persoalan Karhutla ini lebih fokus bagaimana menghukum perusahaan-perusahaan yang membakar lahan dan lahannya terbakar. Dengan mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut izin-izin perusahan perusak lingkungan.
 
"Jangan provokasi rakyat untuk hal yang bukan pokok persoalaan, kita sama-sama lawan korporasi yang merusak lingkungan itu" tutup dia.
 
Sebelumnya dimuat oleh sebuah situs online, Ginda Burnama mengatasnamakan Fraksi Gerindra DPRD Kota Pekanbaru, menyatakan dukungannya terhadap wacana masyarakat menggugat Presiden dan Gubri itu.
 
Dia mengatakan bahwa cara itu merupakan hak azasi manusia yang dirampas, oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, maka dengan kewenangannya dia mendukung aksi ini.

Loading...
BERITA LAINNYA