Seluruh Forkompinda Riau Hadir Pada Puncak Perayaan Natal Agung Oikumene 2019

Sabtu, 28 Desember 2019 - 19:15:56 wib | Dibaca: 2133 kali 
Seluruh Forkompinda Riau Hadir Pada Puncak Perayaan Natal Agung Oikumene 2019
puncak Perayaan Natal Agung Oikumene Gereja Gereja, TNI, Polri dan Aparatur Pemprov dihadiri ribuan umat Kristiani, di Gedung Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Jumat (27/12/19) malam

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pada puncak Perayaan Natal Agung Oikumene Gereja Gereja, TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) se Provinsi Riau, yang dihadiri ribuan umat Kristiani, di Gedung Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Jumat (27/12/19) malam, berlangsung dalam suasana damai dan bersahabat. 
 
Saat itu, Kotbah Natal yang dibawakan oleh Mantan Ephorus (Pucuk Pimpinan) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pdt Jaharianson Saragih, STh, MSc, PhD, diambil dari tema Natal 2019 "Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang" (Kitab Yohanes 15: 14-15).
 
Dan hampir seluruh Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau turut hadir malam tadi.
 
Mulai dari Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang juga didampingi Direktur Pengamanan Objek Vital (Dir Pam Obvit) Polda Riau Kombes Pol Dolifar Manurung sekaligus Wakil Ketua Panitia Natal, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Mohammad Fadjar didampingi Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Korem 031 Wirabima Kolonel Inf Patar Sitorus sekaligus Ketua Panitia Natal, Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma Pnb Ronny Irianto Moningka, Kapolresta Pekanbaru AKBP Nandang Mu'min Wijaya dan lainnya.
 
Selain mengucapkan Selamat Natal dan menyatakan perayaan Natal tahun 2019 di Riau berlangsung aman dan kondusif, Gubernur Riau Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan pentingnya saling menghormati dan saling menghargai sesama warga negara Republik Indonesia.
 
"Natal tahun ini di Riau berlangsung aman dan kondusif. Ditengah Sukacita Natal ini, perkenankan saya atas nama Pemerintah Provinsi Riau serta atas nama Pribadi dan keluarga, menyampaikan selamat merayakan Hari Natal 25 Desember 2019 kepada seluruh umat Kristiani se Riau yang kita cintai dalam suasana persahabatan dan perdamaian," kata Syamsuar.
 
Senada dengan thema Natal, Syamsuar juga mengatakan bahwa dalam ajaran Islam juga dikatakan bahwa Islam Rahmatan Lil Alamin. Oleh sebab itu, sebagai sesama warga negara Republik, wajib untuk saling menghormati dan menghargai.
 
"Islam itu juga memberikan Rahmat kepada alam termasuk kepada semua umat beragama di dunia. Riau memiliki Multi Etnis. Tak ada cara lain menghadapi kemajemukan kecuali saling menghormati saling menghargai dalam Bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Syamsuar.
 
Ia mengajak seluruh umat Kristiani di Riau berpartisipasi aktif bersama membantu Program Pemerintah, antara lain; mengentaskan kemiskinan, memberantas Narkoba, mencegah Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), membangun Infrastruktur daerah, meningkat kualitas Sumber Daya Manusia, pelayan kesehatan dan lainnya.
 
Usai sambutan, Panitia meminta Syamsuar ikut secara simbolis memberikan banuan beasiswa kepada anak-anak di beberapa Panti Asuhan, baik Panti Asuhan Kristen maupin Muslim, sebagai sumbanban Panitia Natal.
 
Sementara itu, Ketua Panitia Natal Kolonel Patar Sitorus memaparkan, dalam perayaan Natal kali ini, Panitia menggelar sejumlah kegiatan sebagai rangkaian. Antara lain; Bakti Sosial, Donor Darah, Pemberitan Bantuan kepada Desa-Desa Korban Banjir di Provinsi Riau.
 
Kegiatan-kegiatan ini, dilakukan tanpa memandang Panti Asuhan itu apakah milik Yayasan Kristen atau Muslim sebagai wujud persahabagan Umat Kristiani di Provinsi. Sebagian Persembahan Ibadah Natal malam tadi, rencananya akan disumbang kepada para korban banjir di wilayah Riau.
 
Selain penampilam persembahan lagu Natal dari Artis Maria Stella, Perayaan Natal kali ini juga menampilkan Tarian Etnis dan Tarian Nusantara.
 
"Kita berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu, khususnya Panitia dan juga pengamanan dari TNI, Polri, Satpol PP, Banser NU dan lainnya. Kiranya Tuhan memberkati kita semua," ucap Patar dalam sambutannya.

Loading...
BERITA LAINNYA