TIM Pengabdian UNRI Menyediakan Portable Handwasher di Tempat Umum

Senin, 10 Agustus 2020 - 10:38:28 wib | Dibaca: 1478 kali 
TIM Pengabdian UNRI Menyediakan Portable Handwasher di Tempat Umum

GAGASANRIAU.COM, INHU - Penyebaran virus corona yang semakin meningkat setiap harinya membuat pemerintah melaksanakan New Normal demi menyelematkan roda perekonomian Indonesia. Saat memasuki masa New Normal, Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan dilonggarkan dan masyarakat akan mulai beraktivitas seperti biasa. Namun, untuk tidak mengurangi kewaspadaan terhadap penularan virus corona pemerintah menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satunya adalah mencuci tangan. Menghadapi masa New Normal, pemerintah menganjurkan untuk selalu mencuci tangan setiap saat terutama ditempat umum. 
 
Menanggapi hal tersebut, Tim Pengabdian UNRI turut mendukung upaya pemerintah dalam menghadapi masa New Normal dengan memberikan portable handwasher ke tempat Umum di Kelurahan Sekar Mawar, Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu. Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin (27/07/2020). 
 
Tim Pengabdian UNRI beranggotakan 10 orang mahasiswa/i Universitas Riau yaitu Yogi Amorega (FK), Ilham Azanno Akbar (FEB), Zira Meliana Shahara (FISIP), Welda Rahayu (FEB), Raihana Mardhiyah As’ari (FK), Sinta Rizkita (FAPERTA), Wilda Rahayu (FAPERTA), Nur Hafsah Habiba (FMIPA), Tri Vandy Sitanggang (FAPERTA), Riko Pandu Setiawan (FEB) serta Tim ini berada dibawah bimbingan Bapak Baskoro Wicaksono, S.IP., M.IP selaku dosen pembimbing lapangan (DPL).
 
Kegiatan ini merupakan program kerja yang dirancang oleh Tim Pengabdian UNRI, sebagai bentuk dukungan dalam menghadapi masa New Normal. portable handwasher yang diberikan oleh Tim Pengabdian UNRI, merupakan teknologi tepat guna (TTG) yang terletak pada ember penampung air dan saluran pembuangannya. Pada ember penampung air, Tim Pengabdian UNRI membuat teknologi tepat guna (TTG) berupa pemberian kran pada ember plastik. Pada pembuangan air, Tim Pengabdian UNRI memberikan corong dan selang air yang bertujuan untuk mengalirkan air cuci tangan pada selokan. 
 
Penyerahan portable handwasher kepada pihak Kelurahan Sekar Mawar diwakilkan oleh Sekretaris Lurah yaitu Ibu Armayulis, AR, S.Sos. “Alhamdulillah, kami berterimakasih kepada mahasiswa Pengabdian UNRI yang telah memberikan portable handwasher kepada Kelurahan Sekar Mawar. Banyak masyarakat yang datang ke Kantor Lurah tetapi masih sedikit yang menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ibu Armayulis, AR, S.Sos selaku Sekretaris Kelurahan Sekar Mawar.
 
“Kami berharap dengan adanya portable handwasher ini, masyarakat yang mengunjungi Kantor Lurah Kelurahan Sekar Mawar agar senantiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah memasuki Kantor Lurah Kelurahan Sekar Mawar dalam upaya mencegah penularan Covid-19” ujar Ilham Azanno Akbar selaku Wakil Kordes Tim Pengabdian UNRI.

Loading...
BERITA LAINNYA