Pentingnya Keperilakuan Pada Akuntansi Sumber Daya Manusia

Sabtu, 22 Januari 2022 - 17:28:59 wib | Dibaca: 951 kali 
Pentingnya Keperilakuan Pada Akuntansi Sumber Daya Manusia
Ilustrasi

Disusun oleh:
Rizda Akhira Henur dan Risma Ihza Sahrawani (Mahasiswi Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau)

Istilah Sumber Daya Manusia (human resources) merujuk kepada orang-orang yang ada di dalam organisasi. Istilah ini merupakan kekayaan yang dimiliki seseorang yang bersumber dari dalam dirinya. Sumber daya tersebut dapat berupa pengetahuan, kemampuan, keterampilan, bakat, kepemimpinan dan lain-lain. Arti penting sumber daya manusia bermuara pada kenyataan bahwa manusia merupakan elemen yang selalu ada pada perusahaan. 

Adapun tahap-tahap sejarah Akuntansi Sumber Daya Manusia meliputi: (a) Tahap pertama (1960-1966) ditandai dengan timbulnya minat terhadap akuntansi Sumber Daya Manusia dan asal mula mengenai konsep-konsep dasar akuntansi sumber daya manusia dan kerangka teori yang berhubungan. (b) Tahap kedua (1966-1971) merupakan tahap periode riset akademik untuk mengembangkan dan menilai validitas dari model-model pengukuran biaya sumber daya manusia (biaya historis atau biaya pengganti) dan nilai (moneter atau non moneter). 

(c) Tahap ketiga (1971-1976) mencakup banyak riset akademik di seluruh dunia Barat, Australia dan Jepang, dalam masa ini terjadi peningkatan usaha untuk menerapkan akuntansi sumber daya manusia dalam usaha organisasi. (d) Tahap keempat (1976-1980) merupakan periode menurunnya minat para akademik dalam dunia perusahaan. (e) Tahap kelima (1980- sekarang) mencakup awal kebangkitan minat dalam teori dan praktik akuntansisumber daya manusia.

Akuntansi Sumber Daya Manusia bukanlah merupakan suatu konsep, isu atau ide baru dalam sistem keuangan akuntansi didalam bidang ekonomi. Ilmuan ekonomi telah memperkenalkan konsep dasar dari akuntansi sumber daya manusia melalui para akuntan dengan dikenalkannya nilai aktiva manusia selama hampir 70 tahun. Munculnya akuntansi sumber daya manusia disebabkan oleh karena prinsip-prinsip akuntansi dianggap gagal dalam memberikan informasi yang relevan kepada pihak-pihak yang berkepentingan antara lain manajemen dan investor. 

Akuntansi Sumber Daya Manusia adalah proses pengidentifikasian dan pengukuran data tentang sumber daya manusia dan penyajian untuk mengkomunikasikan informasi kepada pihak-pihak yang yang berkepentingan. Akuntansi sumber daya manusia mempunyai 3 (tiga) fungsi yaitu; sebagai kerangka kerja dalam mengambil keputusan terhadap tata kelola sumber daya manusia, memberikan informasi yang bersifat kuantitatif yang berkaitan dengan biaya dan nilai sumber daya manusia sebagai unsur organisasi dan sebagi motivasi bagi manajer dalam mengadopsi informasi sumber daya manusia dalam pengambilan keputusan yang menyangkut manusia.

Pada dasarnya ada beberapa asumsi yang mendasari munculnya konsep akuntansi sumber daya manusia. Asumsi-asumsi tersebut adalah sebagai berikut : “Manusia adalah sumber daya organisasi yang sangat bernilai, nilai sumber daya manusia dipengaruhi oleh gaya manajemen dalam sebuah organisasi, dan kebutuhan akan pentingnya informasi-informasi tentang sumber daya manusia” (Amin Widjaja Tunggal, 1994: 7 dalam Suwarto, 2006).

Ruang Lingkup Akuntansi Sumber Daya Manusia Adapun ruang lingkup akuntansi sumber daya manusia meliputi: (1) Human Resource Cost Accounting (Akutansi Biaya Sumber Daya Manusia), yaitu mengukur atau melaporkan biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan,  pengembangan, dan penggantian tenaga kerja sebagai sumber daya manusia pada  perusahaan. 

(2) Human Resource Value Accounting (Akuntansi Nilai Sumber Daya Manusia), yaitu menilai sumber daya manusia berdasarkan konsep yang berasal dari ilmu tersebut dalam menyumbang manfaat dan jasa. Nilai yang dimaksud adalah potensi yang dimiliki oleh objek tersebut dalam menyumbang manfaat atau jasa. Nilai sumber daya sebagaimana sumber daya lainnya, tergantung dari kemampuannya dalam memberikan kontribusi di bidang jasa, tepatnya adalah nilai sekarang dari kontribusi jasa yang diterapkan pada masa yang akan datang.


Loading...
BERITA LAINNYA