Gajah Bunting Ditemukan Mati di Area PT Riau Abadi Lestari

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:38:46 wib | Dibaca: 714 kali 
Gajah Bunting Ditemukan Mati di Area PT Riau Abadi Lestari
Bangkai gajah betina ditemukan di jalan KM 9 wilayah konsesi PT Riau Abadi Lestari, Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis.

GAGASANRIAU.COM, BENGKALIS - Seekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) betina dalam kondisi bunting (hamil) ditemukan mati.

Gajah itu ditemukan di areal lahan konsesi PT Riau Abadi Lestari, Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis.

Plt Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara, menuturkan penemuan gajah mati itu pada Rabu, 25 Mei 2022, sekira pukul 12.12 WIB, di tengah jalan KM 9 saat karyawan konsensi hendak pulang dari berkerja.

"Saat itu karyawan konsesi menemukan seekor gajah saat hendak pulang ke rumahnya di Desa Koto Pait Beringin," kata Fifin, Kamis (26/5), melalui rilis resmi dari Humas Balai Besar KSDA Riau.

Selanjutnya, karyawan konsensi itu langsung melaporkan ke pihak Tim gabungan Balai Besar KSDA Riau dan Rimba Satwa Foundation (RSF) yang saat itu sedang melakukan patroli menyisir yang tak jauh di lokasi TKP.

"Setelah dicek titik koordinat, bangkai gajah itu masuk dalam konsesi PT Riau Abadi Lestari yang berdampingan dengan kebun sawit masyarakat," terangnya.

"Tim gabungan segera melaporkan ke kantor Balai Besar KSDA Riau," sambungnya.

Balai Besar KSDA Riau berkoordinasi dengan Polsek Pinggir untuk membantu Tim gabungan mengamankan lokasi, dan menurunkan Tim medis serta Polisi Kehutanan menuju lokasi untuk melakukan nekropsi didampingi dokter hewan dari Kesehatan Hewan Duri.

Lebih lanjut Fifin menerangkan, penyebab kematian gajah sumatera itu belum dapat dipastikan, akan tetapi dari mulut dan anusnya gajah yang diperkirakan berumur 25 tahun itu keluar darah. 

"Saat dilakukan nekropsi diketahui bahwa gajah dalam kondisi mengandung dan akan segera melahirkan anaknya," sebutnya.

Tim mengambil sample hati, dinding usus, paru, dan kotoran gajah tersebut untuk dilakukan uji laboratorium. Dengan bantuan alat berat konsesi Tim menguburkan bangkai gajah tak jauh dari lokasi matinya gajah itu. 

"Sampel bagian organ satwa akan segera dikirim ke Balai Verteriner, Bukit Tinggi, Sumatera Barat untuk mengetahui penyebab kematian gajah sumatera tersebut," tutupnya.


Loading...
BERITA LAINNYA