BUMDes Kelapa Patih Jaya Terapkan Inovasi UDANG PEDES

Senin, 15 Maret 2021 - 14:09:29 wib | Dibaca: 340 kali 
BUMDes Kelapa Patih Jaya Terapkan Inovasi UDANG PEDES
Pengurus BUMDes Sumber Rezeki Kelapa Putih Jaya

GAGASANRIAU.COM, TELUK BELENGKONG - Desa Kelapa Patih Jaya merupakan salah satu Desa yang berada di Wilayah Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau di wilayah rawa perairan sungai.

Untuk menuju ke desa tersebut, masyarakat harus menempuh jalur sungai memerlukan biaya yang cukup besar membuat masyarakat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan mereka, salahsatunya memperoleh bahan material bangunan.

Demi memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan tersebut, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kelapa Patih Jaya menerapkan inovasi UDANG PEDES (Usaha Perdagangan Peningkatan Ekonomi Desa) sebagai ekspansi unit usaha baru bagi BUMDes Sumber Rezeki tersebut.

"Inovasi UDANG PEDES ini untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan bahan material bangunan," kata Direktur BUMDes Sumber Rezeki, Sahnap, Senin (15/3/2021).

Dengan inovasi ini, kata Sahnap, masyarakat di Teluk Belengkong khususnya di Desa Kelapa Patih Jaya mudah memenuhi kebutuhan pasokan material bahan bangunan, sehingga masyarakat dapat lebih menghemat biaya yang dibutuhkan untuk belanja material bahan bangunan ke luar desa.

Unit usaha ini memanfaatkan dana dari penyertaan modal Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Pemerintah Provinsi Riau menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) mencapai 89.175.000  (Delapan Puluh Sembilan Juta Seratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) untuk Tahun 2022. 

Bagi masyarakat yang membutuhkan bahan bangunan lewat BUMDes Sumber Rezeki bisa melalui nomor WhatsApp 085263985703, unit usaha akan menyediakan material bangunan yang disediakan oleh pihak ketiga yang sudah bekerjasama dengan BUMDes dengan sistem kelola sebagai berikut: 

1. Sebagian Material Bangunan dibeli oleh BUMDes Sumber Rezeki sebagai persediaan kebutuhan dan disimpan di dalam Gudang Desa.

2. Pembeli dapat membeli langsung maupun melakukan pemesanan material bahan bangunan jika material yang dibutuhkan belum tersedia.

3. BUMDes Sumber RezekI melakukan pemesanan kepada pihak ketiga.

4. Pihak ketiga memberikan informasi jika barang sudah tersedia dan dapat diambil.

5. BUMDes Sumber Rezeki melakukan penjemputan material bahan bangunan dan melakukan pembayaran dengan sistem panjar.

6. BUMDes Sumber RezekI mengantarkan material bahan bangunan sampai ke titik lokasi pekerjaan.

7. Pembeli membayar pesanan material bahan bangunan kepada BUMDes Sumber Rezeki.

8. BUMDes Sumber Rezeki melunasi pesanan kepada pihak ketiga.

Tonton untuk penjelasan lengkap klik: UDANG PEDAS BUMDes Sumber Rezeki

 


Loading...
BERITA LAINNYA