Sejalan Dengan Repdem Riau, Pj Bupati Kampar Dorong Pidanakan Penguasa Lahan di Kota Garo

Rabu, 01 Februari 2023 - 16:25:49 wib | Dibaca: 5632 kali 
Sejalan Dengan Repdem Riau, Pj Bupati Kampar Dorong Pidanakan Penguasa Lahan di Kota Garo
M Riduan, Wakil Ketua DPD Repdem Riau bersama massa tani saat diterima Penjabat Bupati Kampar pada aksi 39 Januari, 2023 di Balai Bupati Kampar

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Tuntutan massa tani yang tergabung dalam Relawan Perjuangan Demokrasi (DPD-Repdem) Provinsi Riau disambut baik oleh Kamsol, Penjabat Bupati Kabupaten Kampar.

Orang nomor satu di Kabupaten Kampar tersebut mendorong agar penguasaan lahan yang diduga oleh segelintir orang tersebut dibawa ke ranah pidana saja.

Hal itu disampaikan Muhammad Riduan, Wakil Ketua Bidang Buruh dan Tani, Dewan Pimpinan Daerah, Relawan Perjuangan Demokrasi (DPD-Repdem) Provinsi Riau.

Hal tersebut kata dia berdasarkan tuntutan saat aksi massa tani ke balai Bupati Kabupaten Kampar pada Senin pagi, (30/1/2023).

"Bapak Kamsol, Penjabat Bupati Kampar yang menerima aksi massa tani Repdem Riau kemarin menegaskan akan mendorong ke ranah pidana kepada segelintir orang yang kita duga sebagai mafia lahan di Koto Goro tersebut " kata Riduan kepada wartawan, Rabu (1/2/2023) di Pekanbaru.

Karena kata Riduan lagi, saat menerima aksi massa tani Repdem Riau tersebut, Kamsol sudah mengintruksikan dibentuk tim. "Timnya selain dari Pemerintah Kabupaten Kampar, juga Polres Kampar serta dari Kejaksaan Negeri Kampar, tim ini akan mengumpulkan data temuan pidananya dan akan segera ditindaklanjuti ke proses hukum nantinya " beber Riduan.

Diterangkan Riduan, dalam aksi tersebut juga, Repdem Riau sudah menyerahkan bukti-bukti berupa dokumen yang menguatkan bahwa lahan tersebut kata dia peruntukannya untuk massa petani di daerah setempat dengan tujuan untuk mensejahterakan rakyat.

Namun kenyataannya kata dia lagi, lahan seluas 2500 hektar tersebut dimiliki oleh mafia mengatasnamakan kelompok tani, kemudian pada mafia lahan tersebut menjual lahan-lahan tersebut kepada pemodal-pemodal besar.

Hal itu kata Riduan sangat bertentang dengan surat dari Bupati Kampar terdahulu Azaly Djohan pada 1996 yang murni diperuntukan untuk masyarakat banyak.

"Kami berharap bapak Kamsol harus segera mengeluarkan surat penghentian seluruh kegiatan atau aktifitas di lahan 2500 H di Desa Kota Garo Kecamatan Tapung Hilir yang mengatasnamakan Kelompok Tani tersebut, " tegas M Riduan.

Baca Juga : Lahan Dikuasai Mafia Lahan, Repdem Riau dan Kubangga Advokasi Massa Tani di Desa Koto Garo Kampar

Diberitakan sebelumnya massa petani di Desa Koto Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Riau, yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Daerah, Relawan Perjuangan Demokrasi (DPD-Repdem) kembali akan melakukan aksi demonstrasi pada, 30, Januari, 2023.  

Massa tani Repdem Riau itu disambut oleh Kamsol, Penjabat Bupati Kabupaten Kampar dan ratusan polisi yang mengamankan aksi tersebut.

Pihak Pemkab Kampar berjanji akan segera menyelesaikan tuntutan massa tani Repdem Riau dalam waktu 3 minggu kedepan.


Loading...
BERITA LAINNYA