BC Tembilahan Musnahkan 4 Juta Batang Rokok dan Miras Senilai Rp1 Miliar Lebih

Kamis, 15 Juni 2023 - 18:33:39 wib | Dibaca: 924 kali 
BC Tembilahan Musnahkan 4 Juta Batang Rokok dan Miras Senilai Rp1 Miliar Lebih
Pemusnahan barang ilegl di kantor BC Tembilahan

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Tembilahan memusnahkan 4 juta batang rokok dan 1000 lebih minuman keras (miras) ilegal.

Barang yang tidak memenuhi ketentuan perundang-undangan di bidang Kepabeanan dan Cukai tersebut hasil penindakan Tahun 2018-2023 dimusnahkan di Kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan pada Kamis, (15/06/2023).

Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKC HT) berupa rokok illegal yang dimusnahkan tersebut sebanyak 4.398.200 batang, minuman mengandung etil alkohol sebanyak 480 kaleng dan 886 botol, barang larang pembatasan sebanyak 67 bale.

"Pemusnahan ini dilakukan setelah mendapat persetujuan pemusnahan dari Menteri Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara," kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Eka Purnama Putra.

Total nilai barang menjadi Milik Negara (BMN) yang dimusnahkan tersebut diperkirakan mencapai Rp4.340.306.000. Sedangkan potensi penerimaan negara yang berhasil diselamatkan diperkirakan sebesar Rp3.071.554.794.

Selain kerugian materil bagi negara, juga akan menimbulkan dampak non materiil berupa terganggunya stabilitas pasar dalam negeri, dampak Kesehatan maupun dampak sosial termasuk juga tidak terpenuhinya perlindungan terhadap konsumen atau masyarakat.

"Bea Cukai Tembilahan berharap ke depannya kesadaran masyarakat dapat meningkat terhadap bahaya dan kerugian yang dialami negara dengan adanya transaksi jual dan beli rokok illegal maupun barang-barang yang tidak memenuhi ketentuan perundang-undangan di bidang Kepabeanan dan Cukai," ujarnya.

Pemusnahan tersebut dibarengi dengan penyerahan hibah speedboat 100PK kepada Desa Tekulai Bugis atas barang penindakan Bea Cukai Tembilahan.

Eka Purnama mengatakan, hibah tersebut merupakan bentuk kedekatan KPPBC TMP C Tembilahan kepada masyarakat sekitar.

Menerima hibah tersebut, Kades Tekulai Bugis mengucapkan terimakasih kepada BC Tembilahan telah memberikan mesin speedboat 100PK yang nantinya digunakan untuk speedboat ambulans air.

"Terimakasih kepada Bea Cukai Tembilahan dan semoga apa yang di hibahkan ini dapat berguna dengan baik," ucapnya.


Loading...
BERITA LAINNYA