Kakak Adik Pemilik Usaha Galian C Ditangkap Polres Rohul

Kamis, 10 Agustus 2023 - 15:59:23 wib | Dibaca: 6515 kali 
Kakak Adik Pemilik Usaha Galian C Ditangkap Polres Rohul

GAGASANRIAU.COM, PASIRPENGARAIAN -  Dua pria yang merupakan pemilik usaha galian C alias Kuari ilegal di Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) diamakan aparat.

Dua pelaku merupakan kakak adik berinisial HE (39) dan AR (48) diringkus Polisi pada Selasa, (8/8/2023). Selain meringkus pelaku Polisi juga mengamankan seorang operator alat berat berupa Excavator inisial KUR (35).

"Bersama mereka juga disita barang bukti berupa Unit Alat Berat jenis Excavator merk Komatsu PC 200 warna kuning dan dua kantong plastik yang berisikan kerikil berpasir alami," kata Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono melalui Kasat Reskrim AKP Raja Kosmos Parmulais.

Pengungkapan kegiatan penambangan ilegal ini bermula pada Selasa, sekitar pukul 09.00 WIB pagi, Polisi menerima informasi bahwa ada kegiatan penambangan tanpa mengantongi Izin Usaha Pertambangan di aliran Sungai Batang Lubuh Dusun Nogori Kumu, Desa Rambah.

Lalu, pihaknya memerintahkan Unit Tipidter melakukan penyelidikan di lokasi yang di informasikan. Di lokasi, Polisi tim melihat 1 Unit Alat Berat jenis Excavator merk Komatsu PC 200 warna Kuning yang sedang melakukan penambangan di aliran Sungai Batang Lubuh Dusun Nogori Kumu Desa Rambah.

"Saat itu, Team langsung menyuruh Operator Alat Berat yang sedang melakukan penambangan tersebut untuk berhenti, ungkap Raja Kosmos, Selasa malam.

Tim Unit Tipidter Polres Rohul melakukan komunikasi terhadap operator alat berat. Menurut keterangan Operator, pemilik dari usaha kuari tersebut adalah HE dan AL. Karena tidak bisa menunjukkan izin melaukan penambangan itu, operator dan Pemilik Usaha kuari dibawa ke Mapolres Rohul untuk dilakukan proses lebih lanjut.

"Ketiga Tersangka dijerat UU TP melakukan usaha Penambangan Tanpa IUP sebagaimana dimaksud dalam pasal 158 UU RI No 03 tahun 2020 tentang Perubahan atas UU RI No 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara,"tutupnya. 


Loading...
BERITA LAINNYA