Dandim 0314/Inhil Resmikan Kampung Pancasila di Desa Sungai Intan

Selasa, 26 September 2023 - 20:51:10 wib | Dibaca: 188 kali 
Dandim 0314/Inhil Resmikan Kampung Pancasila di Desa Sungai Intan

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati,S.H.,M.Han bersama Forkompinda Kabupaten Indragiri Hilir(Inhil) meresmikan Kampung Pancasila dan Mikroba Village di Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu.

Peresmian Kampung Pancasila tersebut di hadiri oleh Bupati Inhil HM Wardan,Polres Inhil,Pengadilan Agama Tembilahan,Para OPD dilingkungan Pemkab Inhil, KPU Inhil,Bawaslu Inhil,Camat Tembilahan Hulu beserta forkopimcam,lurah dan kepala desa se-Kecamatan Tembilahan Hulu serta para tamu undangan.

Pada sambutannya, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati menuturkan, Kampung Pancasila merupakan kampung modern yang didalamnya terkandung sejumlah budaya dan kearifan lokal yang akan menjabarkan nilai nilai Pancasila didalamnya.

Desa Sungai Intan, dikatakan Dandim terpilih sebagai kampung Pancasila karena terdapat beberapa kultur serta sejumlah program didalam kehidupan masyarakatnya,seperti program budaya,sosial dan ilmiah.

Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati berharap keberadaan Kampung Pancasila nantinya dapat mensejahterakan masyarakatnya melalui nilai nilai kultur budaya dalam wadah bhineka tunggal ika.

"Semoga dengan diresmikannya kampung Pancasila ini masyarakat Sungai Intan semakin rukun dengan keberagamannya sesuai dengan penjabaran Pancasila," harap Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, Selasa(26/9/2023).

Tak hanya itu, keberadaan Kampung Pancasila diharapkan Dandim nantinya tidak hanya di perkotaan namun, keberadaan Kampung Pancasila diharapkannya ada dimana mana termasuk pelosok terpencil di kabupaten Inhil.

"Kita ingin nantinya keberadaan Kampung Pancasila ini ada hingga pelosok kampung kampung sehingga dengan keberadaan Kampung Pancasila masyarakatnya menjadi maju dan sejahtera," harap Dandim.

Selain Kampung Pancasila Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati juga memperkenalkan serta mensosialisasikan Mikroba village yaitu salah satu project yang di prakarsai oleh Danrem 031/WB.

Mikroba village merupakan temuan ilmiah yang mampu mengurai air biasa menjadi air layak konsumsi dan sangat cocok untuk daerah kabupaten Inhil yang memiliki kadar air cukup keruh.

Sementara itu Bupati Inhil HM Wardan pada sambutannya menyambut baik,mendukung dan memberi apresiasi yang setinggi tingginya atas diresmikannya desa Sungai Intan sebagai kampung pancasila di kabupaten Inhil.

"Pemerintah kabupaten Inhil mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0314/Inhil yang telah memprakarsai Kampung Pancasila dan Mikroba Village yang saat ini dipusatkan di Sungai Intan," ujar HM Wardan.

HM Wardan berharap dengan adanya kampung pancasila dapat meningkatkan kecerdasan spritual,emosional dan intelektual masyarakat dengan cara memaknai,menghayati serta mengamalkan nilai Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat.

"Semoga dengan diresmikannya kampung Pancasila ini mampu meningkatkan kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat," pungkas Bupati.

Usai meresmikan Kampung Pancasila Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati mendampingi Bupati Inhil HM Wardan melakukan peleburan mikroba Village ke dalam 3 sample air.


Loading...
BERITA LAINNYA