Tiitik Hotspot Karhutla Terpantau Terpantau di Riau, Petugas Gabungan Siap Siaga Disejumlah Pos

Ahad, 21 April 2024 - 13:30:36 wib | Dibaca: 2174 kali 
Tiitik Hotspot Karhutla Terpantau  Terpantau di Riau, Petugas Gabungan Siap Siaga Disejumlah Pos
Foto ilustrasi (dot.net)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Titik api yang diduga akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terpantau di kabupaten/kota di Provinsi Riau. Tak tanggung-tanggung, hingga Jumat (19/4/2024) kemarin, jumlahnya mencapai 126 titik.

Untuk jumlah titik panas (hotspot) mencapai 1.009 titik. Kondisi itu tak ditampik Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edy Afrizal.

"Dari data yang telah kita terima hingga Jumat ini, jumlahnya memang masih banyak. Ini seharusnya menjadi perhatian kita bersama secara serius," ujarnya.

Sejauh ini, Kota Dumai masih yang terparah. Di kota pelabuhan itu, titik api yang terpantau berjumlah 30 titik. Sedangkan titik panas sebanyak 231 titik.

Selanjutnya Kabupaten Meranti dengan 328 titik panas dan 24 titik api. Di tempat ketiga, Kabupaten Bengkalis dengan 19 titik api dan 76 titik panas. (Selengkapnya lihat tabel, red).

Menyikapi kondisi ini, Edy Afrizal mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait lainnya masih terus melakukan tindakan di lapangan.

"Kita dengan tim Satgas gabungan yang terdiri dari BPBD kabupaten dan TNI-Polri dan Manggala Agni, tetap memantau perkembangan," ujarnya.

Petugas saat ini, kata Edy Afrizal, siap siaga di pos rawan karhutla yang tersebar dibeberapa kabupaten se Provinsi Riau untuk melakukan pencegahan, pemadaman dan pendinginan.

"Anggota siap berada di pos-pos yang tingkat paling rawan terjadi Karhutla," ujar Edy Afrizal

Dalam kesempatan itu, Edy mengingatkan pemilik lahan, baik masyarakat maupun perusahaan, untuk tidak membuka Laham dengan cara membakar. "Ini penting, supaya kita bersama-sama menekan Karhutla," tegasnya.

Edy juga mengingatkan, bagi mereka yang masih membandel, maka giliran Aparat Penegak Hukum (APH) yang akan langsung turun tangan.

Berikut data hotspot dan titik api dari Jumat kemarin (19/4/2024):

1. Kabupaten Rohul, 8 hotspot dan 1 titik api

2. Kabupaten Rohil, 35 hotspot dan 6 titik api

3. Kota Dumai, 231 hotspot dan 30 titik api

4. Kabupaten Bengkalis, 76 hotspot dan 19 titik api

5. Kabupaten Meranti, 328 hotspot dan 24 titik api

6. Kabupaten Siak, 86 hotspot dan 9 titik api

7. Kota Pekanbaru, 1 hotspot dan 7 titik api

8. Kabupaten Kampar, 12 hotspot dan 3 titik api

9. Kabupaten Pelalawan, 157 hotspot dan 12 titik api

10.Kabupaten Indragiri Hulu, 22 hotspot dan 3 titik api

11. Kabupaten Indragiri hilir, 41 hotspot dan 11 titik api

12. Kabupaten Kuantan Singingi, 12 hotspot dan 1 titik api.


Loading...
BERITA LAINNYA