Gubri Perjuangkan Anggaran Lingkungan Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Rabu, 06 Desember 2023 - 10:54:56 wib | Dibaca: 2365 kali 
Gubri Perjuangkan Anggaran Lingkungan Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca
Gubernur Riau foto bersama usai menggelar pertemuan dengan Kedutaan Inggris, Selasa (5/12/2023).

GAGASANRIAU.COM, JAKARTA - Gubernur Riau Edy Natar bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Dr. Mamun Murod melakukan kunjungan kerja ke Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

Kunjungan ini dalam rangka mendapatkan pendanaan Result Based Payment (RBP) Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD+) dari Inggris, dalam rangka pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK).

Gubernur Riau Edy Natar dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Duta Besar Inggris atas dukungan United Kingdom (UK) terhadap inisiatif Pembangunan Rendah Karbon (LCD) di Provinsi Riau dan berharap program tersebut dapat dilanjutkan. 

Komitmen Pemerintah Provinsi Riau terhadap pembangunan rendah karbon sudah sangat jelas dengan berlakunya Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2021 tentang Riau Hijau.

Lebih lanjut disampaikan Edy Natar, peran Inggris dalam mengakses pembeli baik yang berada di Indonesia maupun yang ada di Inggris sangat diperlukan sehingga dapat diarahkan untuk berkontribusi atau berinvestasi di Provinsi Riau.

“Pertama saya mengucapkan terima kasih atas dukungan UK terhadap inisiatif Pembangunan Rendah (LCD) di Provinsi Riau, dan kami berharap program ini dapat dilanjutkan," katanya, Selasa (5/12/2023).

Komitmen Pemerintah Provinsi Riau sangat jelas dengan adanya Peraturan Gubernur tentang Riau Hijau. Peranan UK dalam mengakses pembeli baik yang berada di Indonesia maupun yang ada di Inggris sangat diperlukan sehingga dapat diarahkan untuk berkontribusi atau berinvestasi di Provinsi Riau.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Dominic Jermey menyampaikan apresiasinya atas upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau. Disampaikannya, upaya yang dilakukan Gubernur Edy Natar sejalan dengan komitmen Inggris dalam menghadapi isu lingkungan global. 

Inggris melalui United Nations Environment (UNEP) telah berkomitmen dalam program Pembangunan Rendah Karbon (LCD) di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kedutaan Besar Inggris akan menyampaikan usulan Provinsi Riau, karena pada saat ini Kedutaan Besar Inggris sedang membahas program-program LCD ini dengan Bappenas Republik Indonesia. 

“Terima kasih Bapak Gubernur Riau. Ini sangat luar biasa. Inggris sangat berkomitmen dalam menghadapi isu-isu lingkungan global. Inggris melalui United Nations Environment (UNEP) telah berkomitmen dalam program Pembangunan Rendah Karbon (LCD) di berbagai negara, termasuk Indonesia,"

"Kami akan merespons ini, saat ini kami juga sedang membahas program-program LCD ini dengan Bappenas Republik Indonesia,” ungka Dominic.

Sementara itu, dalam rapat tersebut Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Dr. Mamud Murod juga menyampaikan terkait tiga pilar utama Riau Hijau yaitu meningkatkan upaya pengendalian kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup, kualitas pengelolaan sumber daya alam (SDA), serta bauran energi dari sumber daya alam terbarukan.

Dalam rangka mewujudkan 3 pilar utama Riau hijau ini, diperlu dukungan dan investasi awal untuk mempersiapkan data informasi dan kelembagaan dalam mempersiapkan kelembagaan Result Based Payment (RBP).

Pertemuan ini ditutup dengan penyampaian proposal perencanaan Result Based Payment (RBP) di Provinsi Riau secara simbolis dari Gubernur Riau kepada Duta Besar Inggris.

Gubernur Riau juga menyerahkan cinderamata bergambar Istana Siak, seraya menyampaikan undangan untuk berkunjung makan durian di Riau kepada Duta Besar Inggris. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Bidang Perencanaan Pemanfaatan Hutan Danang KS dan Kepala UPT KPHP Minas Tahura Dr. Matnuril.


Loading...
BERITA LAINNYA